hero
Ilustrasi Demonstrasi (Pixabay)

EDITOR : REZA ADITYA

30 Oktober 2016, 12:45 WIB

INDONESIA

Kepala Polri Jenderal Tito Karnavian memastikan jalannya aksi unjuk rasa besar-besaran yang akan dilakukan Front Pembela Islam (FPI) menentang Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok pada Jumat pekan depan, 4 November 2016, berjalan dengan kondusif. Dia mengaku sudah mengerahkan ribuan personil demi mengamankan jalannya aksi demo tolak Ahok itu.

"Tapi jangan sampai gunakan cara anarkis," kata Tito, Ahad, 30 Oktober 2016. "Kalau menggunakan cara anarkis misalnya melakukan kekerasan terhadap warga, cara-cara di luar aturan hukum, maka Polri tentunya memiliki prosedur." 

FPI dan sejumlah organisasi Islam lainnya berencana menggelar aksi unjuk rasa secara masif pada 4 November 2016 di Balai Kota dan depan Istana Merdeka. Ini merupakan kali kedua FPI menggelar aksi unjuk rasa lantaran kesal dengan Ahok yang dianggap melakukan penistaan agama.

Kapolri Jenderal Tito Karnavian (NET)

 

Unjuk rasa menentang Ahok pertama kali terjadi pada pertengahan Oktober kemarin. Dalam unjuk rasa itu, pimpinan FPI Habib Rizieq mendesak kepolisian menangkap Ahok atas dugaan penistaan agama saat berpidato di Kepulauan Seribu. Demo pada 4 November pun sama, massa mendesak aparat segera membui Ahok.

Tito menilai permasalahan yang memicu aksi unjuk rasa tersebut sangatlah pelik. "Banyak memang ini tumpuk menumpuk. Ada masalah tindak pidana, plus ada masalah kebetulan situasi menjelang pilkada jadi memang banyak kepentingan," kata dia.

Untuk mengamankan ibu kota pada 4 November nanti, Tito juga mengakui menurunkan ribuan personil satuan Brigade Mobil (Brimob) dari daerah lain. Semuanya nanti akan difokuskan mengamakan Jakarta dari potensi kerusuhan. Dia juga mengatakan bekerja sama dengan TNI dalam mengamankan demo itu.

MELISA LOLINDU

BACA JUGA:

Didemo FPI di Balai Kota, Ini Kata Ahok
Belasan Ribu Buruh Turun ke Jalan, Waspada Beberapa Titik Kemacetan
Dua Tahun Pimpin Indonesia, Jokowi-JK Dihadiahi Demo Mahasiswa

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments