EDITOR : DASNITA M. SINAGA

28 Oktober 2016, 21:05 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Film dokumenter terbaru Leonardo DiCaprio berjudul "Before the Flood" yang menunjukkan perubahan iklim dan kerusakan hutan, termasuk Ekosistem Leuser di Aceh, tayang perdana di Los Angeles, AS.

Fisher Stevens, sutradara film Before the Flood, mengerti akan sangat sulit membuat orang tertarik dengan isu perubahan iklim ini.

"Kebanyakan orang tertidur ketika mereka berbicara tentang perubahan iklim. Tapi yang satu ini sedikit berbeda. Film ini dibintangi Leonardo DiCaprio. Dan, untuk pertama kalinya, Leo berbicara sebagai dirinya sendiri,” jelas Stevens.

Kalian pasti sudah tahu dong, kalau aktor ganteng ini sudah lama menjadi aktivis lingkungan yang sangat vokal.

Nah, film ini menggambarkan perjalanan DiCaprio sebagai Duta Perdamaian PBB ke berbagai tempat di dunia untuk meningkatkan kesadaran tentang perubahan iklim.

"Before the Flood" bukan proyek kesombongan," kata Stevens. "DiCaprio tidak akan menggurui. Ia percaya di dalamnya. Ini semangatnya. Anda lihat. Kami datang ke desa-desa di India. Kami pergi ke hutan hujan Sumatera. Kami pergi ke seluruh tempat,".

"Before the Flood" mulai difilmkan pada akhir 2015 lalu, salah satunya menggambarkan kebakaran hutan dan lahan di Indonesia yang menghasilkan polusi karbon lebih tinggi dari jumlah karbon yang dihasilkan oleh rata-rata seluruh aktivitas ekonomi di Amerika Serikat per hari.

Rencananya film dokumenter yang baru tayang perdana ini akan disiarkan secara global dalam 45 bahasa di 171 negara melalui kanal National Geographic pada 30 Oktober 2016. Lebih awal dari pemilu AS yang akan digelar November 2016.


Kehadiran DiCaprio di Ekosistem Leuser pun sempat menjadi perbincangan masyarakat global karena Ditjen Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM sempat akan melakukan deportasi kepada aktor yang baru saja menggondol Oscar di 2016 sebagai pemeran utama di film "The Revenant" itu. 

Yayasan Leonardo DiCaprio kemudian berkomitmen selama tiga tahun menjadi penyandang dana utama dalam membantu upaya lokal dan internasional menyelamatkan Ekosistem Leuser di Aceh.

 

REUTERS | ANTARA NEWS

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments