hero
Aktivis HAM Munir Said Thalib (NET)

EDITOR : TITO SIANIPAR

27 Oktober 2016, 12:10 WIB

INDONESIA

Juru bicara Presiden Joko Widodo, Johan Budi Sapto Pribowo, mengatakan salinan dokumen tim pencari fakta (TPF) kematian Munir sudah diterima Sekretariat Negara. Salinan itu diserahkan oleh mantan Menteri Sekretarias Negara Sudi Silalahi melalui kurir Rabu sore kemarin.

"Tentu setelah ini Menteri Sekretaris Negara (Pratikno) melaporkan kepada Presiden dokumen fotocopy naskah itu," kata Johan, di Kompleks Kepresidenan, Kamis, 27 Oktober 2016.

Sebelum diserahkan ke Jokowi, kata Johan, salinan dokumen itu akan ditelusuri keasliannya. "Karena berupa fotokopi butuh harus ditelusuri lagi ini sesuai dengan aslinya atau tidak," ujar Johan. Johan mengatakan salinan itu dibubuhi tanda tangan Brigadir Jenderal (Purnawirawan) Marsudi Hanafi.

Aktivis HAM Munir Said Thalib saat melakukan demonstrasi (Imparsial)

 

Marsudi saat itu menjabat sebagai ketua tim pencari fakta mengungkap kasus pembunuhan aktivis hak asasi manusia (HAM) Munir.

Setelah ditelusuri keasliannya, dokumen itu kemudian diserahkan kepada jaksa agung. "Sebagai bahan untuk menelusuri lebih lanjut sesuai perintah Presiden," ujar dia. Johan menjamin laporan TPF itu akan ditindaklanjuti dengan cepat.

Sebelumnya, Komisi Informasi Pusat (KIP) meminta Sekretariat Negara mengungkapkan ke publik isi dari dokumen TPF kematian Munir. TPF pembunuhan Munir dibentuk pasca terbunuhnya aktivis HAM Munir dalam penerbangan Garuda dari Indonesia menuju Belanda pada 7 September 2004. 

TPF dibentuk Presiden Susilo Bambang Yudhoyono melalui Keppres. Ternyata dokumen hasil pemeriksaan TPF pembunuhan Munir yang diserahkan kepada Presiden SBY pada 24 Juni 2005 itu tak pernah tercatat di Sekretariat Negara. 

Mantan Menteri Sekretaris Negara Sudi Silalahi mengaku dokumen TPF Munir hilang. Namun, dia punya salinannya. Salinan itulah yang kemudian diserahkannya ke tempatnya dulu berkantor.

YUSUF REZA 

BACA JUGA:
Presiden Perintahkan Cari Dokumen TPF Munir
Atas Instruksi Kapolri, Bareskrim Cari Dokumen TPF Munir
SBY Buka Suara Terkait Hilangnya Dokumen TPF Munir

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments