hero

EDITOR : DASNITA M. SINAGA

26 Oktober 2016, 18:45 WIB

MEKSIKO

Ratusan karakter  "Catrina", kerangka perempuan yang cantik atau elegant skull, memenuhi jalan di kota Mexico untuk parade tahunan.

Parade ini mulai berlangsung pada hari Minggu, 23 Oktober hingga 2 November, untuk menyambut Festival El Dia de Los Muertos.

El Dia De Los Muertos merupakan hari orang mati di Meksiko. Perayaan tradisional dimulai pada tengah malam pada malam tanggal 1 dan 2 November setiap tahunnya. Hari tersebut manjadi hari libur nasional di Meksiko. 

Kalo di Indonesia, tradisi ini mirip dengan tradisi nyekar atau ziarah ke makam keluarga yang sudah meninggal. Bedanya warga Meksiko akan merias makam semeriah mungkin karena dalam kepercayaan mereka orang yang telah meninggal akan tetap abadi jika mereka dikenang dalam semasa hidupnya.

Menurut Leticia Lagos, tradisi ini penting bagi masyarakat Meksiko. "Saya ikut parade karena ini tradisi. Kami merayakan kematian. Bagi kami, kematian tidak berarti rasa sakit seperti halnya bagi banyak orang. Kami mencoba untuk mengingat mereka melalui banyak tradisi, salah satunya berdandan sebagai Catrina," jelas peserta parade ini.

La Catrina diciptakan oleh artis Meksiko Jose Guadalupe Posada sebagai kerangka wanita dengan topi dan gaun besar di era Victoria. Karakter ini merupakan kritik bagi perempuan yang ingin dipandang berkelas meski mereka harus menderita karena kelaparan dan menjadi sangat kurus.

Perempuan dan anak perempuan dari segala usia mengenakan elegan, gaun warna-warni lengkap dengan rumit riasan wajah menyerupai "Catrina".

Mereka berparade di sepanjang Reforma Avenue menjelang Hari perayaan orang mati atau  Festival El Dia de Los Muertos dimulai pada tengah malam tanggal 1 dan 2 november setiap tahun di seluruh pelosok negara Meksiko

 

APTN

 

 

 

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments