hero

EDITOR : AULIA RAHMAT

26 Oktober 2016, 16:05 WIB

AMERIKA SERIKAT

1. Chuck Taylor All-Stars

Sumber: Converse

Dalam biografinya, Abe Aamidor menyebut Chuck Taylor adalah sepatu yang digunakan tim basket Indiana-Born College. Tim ini disponsori Converse untuk melakukan pertandingan persahabatan keliling Amerika. Sepatu ini mulai dikenal pada tahun 1932, setelah perusahaan mengendorse para artis Hollywood untuk mengenakannya. Hingga saat ini 'Chucks' menjadi salah satu sepatu basket yang paling banyak dipakai orang di dunia.

2. Adidas Stan Smith

Sumber: CNN

Semula, sepatu yang cukup digemari kawula muda tahun 60an ini tidak memiliki nama khusus. Pada tahun 1971 Adidas mengendorse juara turnamen tenis Wibledon 1971 dan 1972, Stan Smith untuk menggunakan sepatu ini. Hingga saat ini Adidas Stan Smith tetap bertahan dengan desain klasiknya. Masyarakat lebih mengenalnya sebagi sneaker daripada sepatu tenis.

3. Onitsuka Tiger Mexico '66

Sumber: Otsuka Tiger

Onitsuka Tiger dirancang oleh seorang perwira tinggi Militer Jepang, Kihaciro Onitsuka sesaat setelah negeri matahari terbit itu kalah pada perang dunia ke-2. Ia berusaha membangkitkan semangat pemuda Jepang melalui olahraga Atletik. Dua tahun sebelum Olimpiade Mexico 1968 sepatu ini diperkenalkan. Ciri khas logo bergaris dari kulit masih dipertahankan hingga sekarang.

4. Nike Cortez

Sumber: Nike

Sepatu ini dirancang oleh pelatih atletik Amerika Serikat bernama Bill Bowerman. Sepatu yang diperkenalkan pada Olimpiade Munich 1972 ini dirancang khusus sebagai sepatu lari jarak jauh. Pamor Cortez semakin meningkat ketika pada tahun 1994 sepatu ini muncul di sebuah film berjudul Forrest Gump. Sepatu ini digunakan para aktor untuk berlari melintasi hutan di Amerika Serikat.

5. Puma Clyde

Sumber: Puma

Puma Clyde dirancang pada tahun 1973. Saat itu pemain basket dari New York Knicks, Walt Clyde Frazier minta dibuatkan sepatu khusus oleh Puma. Perusahaan asal Jerman itu kemudian memproduksi sepatu sejenis dalam berbagai model, warna dan corak. Sebagai bentuk penghargaan, nama Clyde disematkan pada sepatu yang hingga kini masih laris dipasaran.

6. Gucci

Sumber: CNN

Pada tahun 1984 untuk pertama kalinya Gucci memproduksi sneaker. Bentuknya menyerupai sepatu tenis. Terdapat tiga buah garis berwarna membingkai kulit yang diekspor langsung dari Italia. Semenjak kemunculannya, sepatu ini hadir dengan berbagai warna, antara lain: silver dan emas.

7. Nike Air Jordan

Sumber: CNN

Pada tahun 1984 superstar bola basket dari klub Chicago Bulls, Michael Jordan meneken kontrak selama lima tahun sebagai duta Air Jordan. 

Pada tahun 1985 NBA melarang penggunaan Air Jordan. Warna sepatu dianggap mencolok. Meski dilarang Jordan tetap memakainya. Dianggap melanggar peraturan, NBA mendendanya sebesar 5000 dolar AS setiap mengenakan sepatu ini di pertandingan resmi.

8. Adidas Superstar

Sumber: CNN

Sepatu ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 1969. Pada tahun 70an, sebanyak 70 persen pemain basket yang berlaga di NBA mengenakan Adidas Superstar.

Sepatu ini bahkan sempat menginspirasi grup musik hip-hop asal AS untuk menciptakan lagu berjudul My Adidas.

9. Adidas Trimm Trab 

Sumber: Transalpino

Ketika demam hip-hop dan basket melanda Amerika, di Inggris orang-orang lebih memilih untuk menonton sepak bola dengan busana yang menarik.

Menurut Jockey Wyatt, seorang fashion stylist asa Inggris, sepatu ini cocok bagi penghobi olahraga dan fashion.

10. Nike Air Max

Sumber: Nike

Sepatu yang diperkenalkan pada tahun 1987 ini memiliki ciri khas gelembung udara pada bagian sol. 

Sang pencipta, Tinker Hatfield adalah seorang arsitek yang menggunakan pengetahuannya untuk mendesain sepatu. Gelembung udara terinspirasi dari pipa raksasa Centre Pompidou di Paris, Prancis.

11. Reebok Pump

Sumber: CNN

Pump diproduksi pada tahun 1989 untuk menyaingi Nike Air Max. Pada bagian belakang sepatu terdapat sebuah bantalan yang berfungsi melindungi kaki dari cedera engkel.  

CNN

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments