hero
Foto dan cuplikan kata-kata Munir di kantor Kontras. (NET)

EDITOR : TITO SIANIPAR

25 Oktober 2016, 19:45 WIB

INDONESIA

Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (Kontras) menilai Presiden Susilo Bambang Yudhoyono tidak menjawab persoalan. Terkait hilangnya dokumen tim pencari fakta pembunuhan Munir Said Thalib.

Yudhoyono mengadakan konferensi pers soal hilangnya dokumen TPF Munir di Cikeas. Turut hadir beberapa pejabat di eranya seperti Sudi Silalahi, Marsudi Hanafi, Djoko Suyanto, dan Syamsir Siregar.

"Tapi tidak menjelaskan dokumen itu disimpan seperti apa, di lemari mana di Sekretariat Negara," kata Koordinator Kontras Haris Azhar, di kantornya, Jakarta, Selasa, 25 Oktober 2016.

Haris Azhar. (NET/Andri)

Haris merujuk pada pernyataan SBY yang mengatakan pembunuhan Munir sudah ditindaklanjuti di era pemerintahannya. "Saya pastikan, bahwa yang kami lakukan dulu adalah tindakan serius dan sungguh-sungguh," kata SBY.

Senada dengan SBY, menurut Haris, sekarang saatnya pemerintahan Joko Widodo melakukan sesuatu terkait penuntasan kasus pembunuhan Munir. "Pemerintahan SBY sudah melakukan tindak lanjut," kata dia.

Beberapa nama yang sudah diproses hukum antara lain Indra Setiawan, Polycarpus Budihari Priyanto, dan Muchdi Prawiro Pranjono. Mereka divonis berbeda-beda oleh pengadilan dalam kasus pembunuhan Munir.

Menurut Haris, masih ada yang bisa dilakukan pemerintahan Jokowi dalam rangka membuat kasus pembunuhan Munir lebih terang. "Sekarang mengerucut, tanggung jawab itu ada di pemerintahan Jokowi untuk menindaklanjutinya," ujar dia.

Pollycarpus di sidang pembunuhan Munir. (NET)

Haris juga menolak jika pihaknya dituding mempolitisasai kasus hilangnya dokumen TPF Munir ini. Pasalnya salah satu nama yang belum diperiksa penegak hukum adalah Abdullah Makhmud Hendropriyono.

"Hendropriyono dekat dengan Jokowi. Jadi sebenarnya yang mempolitisir itu mereka," kata Haris.

ANDRI PRASETYO

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments