EDITOR : DASNITA M. SINAGA

25 Oktober 2016, 05:30 WIB

JEPANG

Mencari pasangan yang pas memang tidak mudah, apalagi kalau kamu tinggal di kota-kota besar.

Di Tokyo, Jepang, banyak orang yang berkencan menggunakan masker bedah, tujuannya untuk menghindari kesan pertama berdasarkan penampilan saja. Sehingga peserta dating bisa fokus pada kepribadian lawan bicaranya. Lucu juga ya!

Def Anniversary adalah salah satu perusahaan kontak jodoh di Jepang yang memberlakukan peraturan ini kepada peserta dating. Menurut Kei Matsumura, kepala Def Anniversary, masker bisa membantu orang menghindari terpengaruh pada kesan pertama, sehingga peserta dating bisa menemukan jodoh yang tepat.

"Untuk mencapai pernikahan, penting untuk memberikan kesempatan untuk mengetahui kepribadian pasangan Anda benar dan nilai pada tahap awal hubungan daripada mulai dengan penampilan lahiriah mereka, " jelas Kei.

Masker bedah biasa dipakai oleh laki-laki dan perempuan Jepang saat sedang flu dan tidak ingin menularkannya kepada orang lain. Atau saat perempuan ingin keluar rumah tapi malu untuk terlihat tidak menggunakan makeup di depan umum.  

Layanan kencan dengan penutup muka ini sudah ada sejak  tahun 2010 dan telah tersebar luas dengan pertemuan rutin di berbagai kota di Jepang.

Menurut survei nasional yang dilakukan oleh Departemen Kesehatan, Perburuhan dan Kesejahteraan tahun 2013, tingkat pernikahan di Jepang turun 50 persen dalam 30 tahun terakhir. Survei tersebut juga menunjukkan hampir setengah dari orang antara usia 25 dan 39 yang belum menikah mengatakan mereka ingin menikah tapi belum bertemu pasangan hidup.

Ditambah lagi, nge-date di dunia modern yang sibuk  seperti sekarang  lebih menakutkan bagi  generasi muda. Bbertemu secara  digital  daripada pertemuan tatap muka.

Banyak kaum pekerja muda di Jepang juga mengatakan mereka tidak memiliki banyak kesempatan untuk bertemu orang-orang di luar tempat kerja mereka. Mereka kemudian sering membuat acara kencan, biasa disebut "Konkatsu" yang artinya "perkawinan mencari kegiatan". Ini adalah satu-satunya cara bagi mereka untuk menemukan jodoh.

Salah satu peserta mengatakan memakai masker telah meningkatkan rasa percaya dirinya.

"Saya pikir saya bisa mengetahui lebih lanjut tentang diri batin mereka dan tidak hanya menghakimi mereka dengan penampilan mereka. Fitur Umumnya wajah mendorong kesan pertama kami, tapi dalam acara ini, hal-hal kepribadian. Saya sangat menyukai itu," kata Chiharu Tsukahara, pria 28-tahun berkerja di salah satu perusahaan di Tokyo. 

Nah, kalau kalian punya cara unik lainnya untuk mencari pasangan. Yuk! berbagi tipsnya, dengan memberikan komentar di kolom bawah. 

 

REUTERS

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments