hero

EDITOR : OCTOBRYAN

24 Oktober 2016, 19:15 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Komisi Pemilihan Umum Daerah DKI Jakarta akhirnya menetapkan tiga pasang calon gubernur dan calon wakil gubernur untuk pemilihan kepala daerah DKI Jakarta. Keputusan itu didapat setelah KPUD menggelar rapat pleno penetapan pasangan cagub dan cawagub di Balai Sudirman, Jakarta Selatan, Senin, 24 Oktober 2016.

"Pasangan Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Syaiful Hidayat, Anies Baswedan-Sandiaga Uno, Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni dinyatakan memenuhi syarat dan selanjutnya akan ditetapkan sebagai calon gubernur dan calon gubernur," ujar Kepala KPUD DKI Jakarta, Soemarno.

KPUD DKI Jakarta umumkan penetapan cagub-cawagub (NET\Dede)

Keputusan itu disambut gegap gempita ratusan pendukung ketiga pasangan calon tersebut yang hadir ditempat itu.

Penetapan tiga cagub dan cawagub dilakukan usai KPUD melakukan verifikasi berkas pendaftaran sejak 24 September silam. Dalam verifikasi, KPUD menilai ketiga cagub dan cawagub memenuhi seluruh syarat pencalonan.

Verifikasi dokumen yang dinyatakan memenuhi syarat antara lain, B-KWK berisi keputusan koalisi pimpinan parpol pusat, pernyataan kesesuaian visi misi,dan program kerja masing-masing pasangan calon.

Kemudian KPUD juga melihat daftar riwayat hidup, surat keterangan kemampuan rohani dan jasmani dari Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Soebroto serta keterangan bebas narkoba dari Badan Narkotika Nasional, surat tidak pernah tercatat sebagai terpidana dan tidak dicabut hak pilihnya dari pengadilan negeri setempat, surat tidak memiliki tanggungan utang secara perseorangan atau badan hukum yang merugikan keuangan negara, surat keterangan catatan kepolisian yang tidak pernah melakukan perbuatan tercela, surat tanda terima penyerahan LHKPN dari Komisi Pemberantasan Korupsi, dan surat keterangan sedang tidak dinyatakan pailit dari pengadilan niaga atau pengadilan tinggi.

Wefie seru cagub-cawagub Jakarta tuai pujian netizen (NET)

Selain seluruh berkas itu, dokumen seperti foto, foto kopi ijazah yang dilegalisir, dokumen dari kantor wajib pajak seperti Kartu NPWP, juga daftar nama tim kampanye, seluruhnya dinyatakan lolos.

BACA JUGA:
Cicak, Empal & Gulat 'Rahasia' Bakal Cagub DKI Jakarta
Wefie Seru Cagub-Cawagub Jakarta Tuai Pujian Netizen
KPU Wajibkan Calon Petahana Cuti Saat Pilkada
Ini Fakta 3 Seleb yang Ikut Naik Panggung di Pilkada DKI 2017

Setelah penetapan calon selesai diumumkan, selanjutnya KPUD akan menetapkan nomor urut pasangan calon di Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta Pusat, 25 Oktober 2016.

Masa kampanye sendiri akan dimulai pada 28 Oktober. Masa sosialisasi calon ini akan berlangsung hingga 11 Februari 2017. Debat publik para kandidat akan digelar dalam rentang waktu tersebut, tepatnya sejak bulan Desember hingga bulan Februari.

Pemungutan suara dilakukan pada 15 Februari di seluruh tempat pemungutan suara di ibu kota. Sebelumnya akan diberlakukan masa tenang selama dua hari antara 12 hingga 14 Februari 2016.

INDRIA LITA | BAMBANG ADHI

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments