EDITOR : FIRZA ARIFIEN

23 Oktober 2016, 09:00 WIB

INDONESIA

Siapa sih yang nggak tahu endorsement? Pasti udah familiar banget dong sama istilah yang satu ini. Yup, endorse sering kita lihat terutama di akun-akun media sosial yang punya banyak followers. Nah, followers ini disebut-sebut berpengaruh banget buat mendongkrak penjualan produk di pasar digital.

Tapi selain itu, keuntungan juga didapat si penerima endorse, yang rata-rata adalah para selebriti di akun media sosial. Di Instagram, mereka dikenal dengan julukan selebgram. Keuntungan yang diperoleh para selebgram ini nggak cuma dapat produk gratisan. Beberapa bahkan ada yang sampai nentuin tarif ketika menerima endorse-an.

So, nggak heran ya kalau sekarang makin banyak pengguna media sosial, terutama Instagram yang tujuannya untuk mengejar followers. Semakin banyak followers berarti makin eksis dan berpeluang lebih banyak di-endorse! Ya udah, daripada ngomong panjang lebar, kita intip aja langsung 5 fakta menariknya:

1. 5 seleb Indonesia masuk dalam daftar 100 akun Instagram dengan followers terbanyak di dunia.

Menurut Social Blade, dari daftar 100 akun Instagram dengan followers terbanyak di dunia, 5 di antaranya merupakan akun milik seleb Indonesia. Wajar ya kalau 5 seleb ini menjadi incaran untuk di-endorse. Siapa aja sih mereka?

•Ayu Tingting (@ayutingting92): 16,2 juta followers


•Syahrini (@princessyahrini): 15,2 juta followers


•Raffi Ahmad (@raffinagita1717): 13,7 juta followers


•Laudya Cynthia Bella (@laudyacynthiabella): 13,1 juta followers


•Prilly Latuconsina (@prillylatuconsina96): 12,9 juta followers

 

2. Sharena Gunawan, selebgram yang jadi “Ratu Endorse” di Indonesia.

Julukan “Ratu Endorse” nggak asing lagi bagi mereka yang banyak menerima endorse-an barang dari online shop atau bahkan brand ternama. Salah satu yang menurut NET. Z layak menjadi “Ratu Endorse” adalah Sharena Gunawan (@mrssharena). Kenapa?

Selain punya 2,4 juta followers Instagram, istri Ryan Delon ini juga punya akun Instagram khusus untuk mem-posting barang endorse-an, yaitu @endorsesharena. Akun khusus ini punya jumlah followers 158 ribu. Barang yang di-endorse pun macam-macam, mulai dari fashion, makanan, sampai gadget. Di akunnya, Sharena juga sering mem-posting foto Ryshaka, anak laki-lakinya yang menjadi sasaran endorse pemilik lapak jual beli online.

 

3. Selebgram anak juga banjir endorse-an.

Nggak cuma orang dewasa aja yang mejeng di media sosial, tapi dede-dede gemes ini juga eksis loh. Meski ada yang umurnya masih di bawah 5 tahun, mereka udah punya followers di atas 100 ribu! Tampang yang lucu dan gemesin bikin para pemilik online shop berlomba untuk bisa meng-endorse mereka. Coba kita intip 5 akun Instagram anak-anak ini yang kerap banjir endorse-an.

•Ayasha Putri (@ayashaputri): 483 ribu followers


•Kala Madali Bramantyo (@kalamadali): 362 ribu followers


•Moonella Sunshine Jo (@babymoonella): 333 ribu followers


•Abbid, Izzul, Uqkail, Ezra, dan Oxy (@aiueo.greatfamzz): 172 ribu followers


•Inaaya Arcilla (@inaayaarcilla): 113 ribu followers

 

4. Hewan juga bisa jadi selebgram.

Selain selebriti atau dede-dede gemes yang punya banyak followers, 5 anjing ini juga punya followers yang cukup banyak loh. Mereka juga menerima endorse-an! Lihat deh gaya mereka saat difoto oleh pemiliknya:

•Elvis Barksley (@elvis.barksley): 73 ribu followers


•Milo (@babymilothecorgi): 40.700 followers


•Lilo (@thatlittlecorgi): 33.700 followers


•Kenzo (@kenzothemalamute): 16.200 followers


•London (@londonthecorgi): 14.500 followers

Gimana? Tertarik untuk jadi selebgram supaya bisa di-endorse?

FELLYA HARTONO | RINA NUR AUFA

 

Read More in This Story

KAMU PERLU TAHU FAKTA-FAKTA INI!

131

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments