hero
Pusat Gempa Bumi pada Rabu, 19 Oktober 2016 (BNPB)

EDITOR : REZA ADITYA

19 Oktober 2016, 10:10 WIB

INDONESIA

Gempa bumi berkekuatan 6,5 skala richter mengguncang beberapa wilayah di bagian Banten sebelah Utara, Jawa Barat dan Jakarta. Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan pusat gempa berada di Laut Jawa.

“Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan  pusat gempa di Laut Jawa pada jarak  120 kilometer dan kedalaman 654 kilometer,” kata Sutopo melalui keterangan tertulisnya, Rabu, 19 Oktober 2016.

Sutopo mengatakan gempa terjadi pada pukul 07.25 WIB. Beruntung gempa tidak sampai menimbulkan tsunami.  Adapun di beberapa wilayah, seperti Banten, Jawa Barat dan Jakarta merasakan gempa dengan lemah dan mengayun selama lima sampai delapan detik.

Perkiraan Dampak Gempa pada Rabu, 19 Oktober 2017 (BNPB)

 

“Masyarakat di Cikarang, Cirebon, Indramayu, Bogor, Cilegon dan Sumedang juga melapor merasakan guncangan tapi lemah,” ujar dia. Tidak ada korban dalam peristiswa gempa itu. Gempa juga tidak menimbulkan kerusakan bangunan dan korban jiwa.

Sutopo memprediksi akan terjadi gempa susulan. Musababnya, kejadian gempa barusan cukup aneh karena bersumber pada daerah-daerah sesar atau subduksi yang sering muncul gempa tetapi di dalam lempeng Eurasia.

Untuk itu, dia mengimbau masyarakat di beberapa wilayah Jabodetabek yang banyak adanya gedung dan bangunan tinggi.

“Hal ini perlu diantisipasi agar bangunan-bangunan tinggi harus dibangun dengan konstruksi tahan gempa,” ujar dia. “Jabodetabek termasuk daerah rawan gempa yang sumbernya bukan di wilayah itu tetapi dari daerah sekitarnya.”

TIM LIPUTAN

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments