hero
Popcorn (Foto ilustrasi: Pixabay)

EDITOR : FAJAR ANUGRAH PUTRA

17 Oktober 2016, 11:05 WIB

INDONESIA

Kamu sering merasa lapar pada malam hari atau saat terbangun di tengah malam?  Lalu kamu pergi ke dapur dan ngemil untuk menghilangkan rasa lapar. Padahal belum tentu camilan memiliki kalori yang lebih rendah dibanding makanan berat. Apalagi metabolism tubuh sedang melambat di malam hari dan berpotensi besar ngemil akan menumpuk lemak di badan. 

Tapi, menahan lapar juga dapat membuat tidur nggak nyenyak atau gelisah. Lalu, bagaimana yah solusinya? 

Berikut beberapa camilan sehat yang bisa dimakan di malam hari tanpa khawatir kegendutan:

1. Susu  

Susu terbukti mampu membuat kamu tidur pulas karena mengandung tryptophan asam amino yang akan memberi sinyal pada otak untuk memproduksi serotonin. Selain itu, minum susu juga akan membuat kamu merasa kenyang. Pilih susu tawar yang low fat agar berat tubuh tetap terjaga.
 

Susu. (Foto ilustrasi: Pixabay)



2. Pisang

Pisang mengenyangkan dan mengandung magnesium serta potassium. Kedua zat tersebut dapat membantu kamu tertidur lelap. Potassium juga memiliki fungsi untuk kesehatan jantung.

 

Pisang. (Foto ilustrasi: Pixabay)



3. Popcorn

Alasan popcorn baik untuk dikonsumsi adalah karena popcorn termasuk makanan yang rendah kalori, rendah lemak, tinggi serat, juga mengandung antioksidan. Tapi jangan makan popcorn caramel, mentega asin atau yang memakai coklat cair di malam hari.

 

Caption



4. Ubi

Ubi mengandung karbohidrat kompleks, potassium dan niacin, keduanya baik untuk kesehatan jantung. Lalu ada fosfor, vitamin A, dan vitamin C.  Kamu bisa menyajikan ubi dengan mengukusnya daripada menggorengnya untuk mengurangi konsumsi minyak berlebih.
 

CUbi. (Foto ilustrasi: Pixabay)



5. Biskuit crackers atau keju 

Keju dan crackers adalah alternatif lain dari kombinasi protein dan karbohidrat kompleks yang mudah diserap dan diolah oleh tubuh. Agar menjadi camilan sehat, lihat label nutrisi pada produk yang kamu makan, sebaiknya maksimal 150 kalori dengan kombinasi crackers gandum utuh dan keju rendah lemak seperti keju feta. Jadi bukan makan keju dan crackers semaunya saat malam yah.
 

Crackers. (Foto ilustrasi: Pixabay)



6. Buah ceri

Menurut Keri Gans, seorang ahli diet di New York dan penulis buku The Small Change Diet, melatonin yang ditemukan pada ceri dapat membantu mengendalikan jam internal pada tubuh kita. Jam internal ini adalah ritme pola harian (seperti waktu bangun dan waktu tidur) yang dibentuk dan terkonsep pada otak. Kapsul melatonin juga dikonsumsi oleh para pelancong ketika pergi ke tempat yang memungkinkan mereka mengalami jet lag.   

 

Buah ceri. (Foto ilustrasi: Pixabay)



7. Oatmeal

Kamu bisa memakan oatmeal sebagai camilan di malam hari, nggak cuma saat sarapan. Ternyata oatmeal memproduksi hormon serotonin yang ini dipercaya mampu menstimulasi produksi melatonin. Dikutip dari Livestrong, oatmeal juga mengandung protein dan karbohidrat kompleks yang cepat diserap dan diolah oleh tubuh menjadi energi atau otot.
 

Oatmeal. (Foto ilustrasi: Pixabay)



8. Selai kacang alami

Selai kacang alami adalah yang tidak ditambah minyak palem sebagai penyeimbang dan tentunya tidak ditambah gula. Selai kacang alami baik untuk dikonsumsi karena mengandung lemak tak jenuh yang dapat mengurangi tingkat kolesterol jahat di tubuh kamu.
 

Selai kacang. (Foto ilustrasi: Pixabay)




HELLO HEALTH | LIVE STRONG

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments