hero
Raja Thailand Bhumibol Adulyadej, 2006. (reuters)

EDITOR : TITO SIANIPAR

15 Oktober 2016, 00:00 WIB

THAILAND

Wafatnya Raja Thailand Bhumibol Adulyadej mengubah wajah Thailand. Selain suasana duka, beberapa aturan dan kondisi terkait wafatnya raja harus dituruti. Bahkan juga berdampak pada turis asing.

Sepeninggal Raja Bhumibol, Perdana Menteri Prayut Chan-ocha mengumumkan Thailand memberlakukan masa duka selama setahun. Bendera setengah tiang akan terpasang di setiap tempat pemerintahan.

Prayut Chan-ocha. (reuters)

Bahkan Prayut menekankan akan mengutamakan menjaga kondisi keamanan. "Semua orang di seluruh negeri harus memastikan keamanannya," kata Prayut, seperti dikutip BBC. Tidak hanya itu, segala bentuk fungsi hiburan harus dihentikan selama sebulan penuh. 

Raja Bhumibol meninggal dunia pada Kamis, 13 Oktober 2016 di RS Shiriraj Bangkok. Rencananya jenazahnya akan dibawa ke Kuil Emerald Buddha di area istana kerajaan di pusat kota Bangkok.

Di sana, diperkirakan jenazah akan disemayamkan selama sebulan, bahkan lebih. Reuters menulis bahwa prosesi pemakaman dan kremasi tradisional Kerajaan Thailand butuh waktu hitungan bulan untuk dipersiapkan.

Kuil Emerald Buddha. (wiki)

Selama masa duka itu, banyak larangan dan aturan terhadap kehidupan sehari-hari warga di Negeri Gajah Putih itu. Salah satu yang paling terasa adalah meningkatnya penjagaan keamanan sekitar Istana Kerajaan oleh tentara. Wilayah red light district Patpong di Bangkok juga tutup.

Tak sampai di situ, para turis asing yang sedang menikmati liburannya di sana juga diminta menjaga kelakuan selama masa duka. Pemerintah Inggris mengeluarkan peringatan bagi warganya yang berlibur di sana.

Para penjaja seks di red light disctrict Bangkok. (reuters)

"Kalian harus menghormati perasaan dan sensitifitas warga Thailand pada saat ini," tulis pemerintah Inggris di situs resminya. Diperkirakan 30 hari pertama masa duka, restoran, bar, dan klub hiburan akan tutup, atau buka hanya jam tertentu.

Inggris juga menyarankan warganya yang melancong ke sana untuk menggunakan pakaian berwarna gelap dan sopan di depan publik. Termasuk juga bertindak dan tingkah laku yang sopan.

Tidak hanya Inggris, negara-negara asal turis lainnya juga mengeluarkan peringatan serupa bagi warganya. Mereka antara lain Australia, Belanda, dan lainnya. "Jangan membicarakan atau mengkritik anggota kerajaan Thailand," tulis pemerintah Belanda.

Raja Bhumibol dan Ratu Elizabeth 1996. (reuters)

Hukum positif yang berlaku di Thailand menerapkan hukuman hingga 15 tahun penjara bagi siapa saja yang ketahuan menghina anggota kerajaan. Aturan ini memang didesain khusus untuk melindungi anggota royal family Thailand.

BBC | REUTERS | THE GUARDIAN

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments