hero
Surat balasan dari FIFA kepada Kementerian Pemuda dan Olahraga (kemenpora.go.id)

EDITOR : REZA ADITYA

15 Oktober 2016, 19:00 WIB

INDONESIA

Kepala Komunikasi Publik Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Gatot S. Dewa Broto mengatakan lembaganya mengapresiasi balasan surat dari Federasi Sepak bola Internasional (FIFA) terkait penundaan Kongres Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI). Dalam surat tertanggal 14 Oktober 2016 itu, FIFA menyetujui penundaan kongres hingga 10 November.

"Kami menyambut sangat gembira dan mendukung sepenuhnya langkah-langkah yang telah dan akan diambil oleh FIFA," kata Gatot, melalui keterangan tertulisnya, Sabtu, 15 Oktober 2016. "Kini masalah tanggal dan kota untuk kongres sudah final dan menjadi tugas PSSI untuk mempersiapkan kongres tersebut semaksimal mungkin."

Sekjen FIFA Fatma Samoura (fifa.com)

 

Sebelumnya, kongres ditetapkan komite eksekutif PSSI untuk dilaksanakan pada 17 Oktober di Makassar. Namun pemerintah memberi rekomendasi agar kongres itu dilaksanakan di Yogyakarta. Rabu kemarin PSSI dan pemerintah menggelar pertemuan dan setuju lokasi kongres diselenggarakan bukan di Makassar dan di Yogyakarta, melainkan di Jakarta.

Sehari kemudian, komite eksekutif PSSI pada rapat di Hotel Aston Rasuna Jakarta membuat keputusan sepihak. Komite memutuskan kongres tetap diselenggarakan di Makassar. Akibatnya timbul polemik yang ujung-ujungnya kongres ditunda demi persiapan yang lebih baik.

Pemerintah yang diwakili Kemenpora kemudian mengirim surat ke FIFA untuk terkait penyelenggaraan kongres itu. Hasilnya, surat itu dibalas dengan cepat dan ditandatangani langsung oleh Sekretaris Jenderal FIFA Fatma Samoura. "FIFA tidak mempersoalkan pilihan Jakarta sebagaimana diusulkan oleh Menpora dan dituangkan dalam rekomendasinya," kata Gatot.

TIM LIPUTAN

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments