hero
Tribe

EDITOR : FIRZA ARIFIEN

15 Oktober 2016, 09:05 WIB

AMERIKA SERIKAT

Kamu pasti pernah dong mengirimkan pesan dalam bentuk video? Tapi bagaimana kalau pesan dalam video itu menampilkan juga informasi lain? Misalnya, teman kamu mengirim pesan video untuk datang ke konser Drake. Saat kata "Drake" diucapkan, maka nama rapper Kanada itu akan muncul di sebelah kiri video, berikut link musiknya di Spotify. Bahkan informasi lain seperti lokasi konser dan panduan arahnya juga akan muncul dalam video tersebut. Keren kan?

Pengalaman baru berkirim pesan itu bisa kamu dapatkan di aplikasi Tribe yang berbasis "augmanted messaging". Tribe versi 2.0 sudah dirilis di App Store dan Google Play, pada Rabu, 12 Oktober 2016. Aplikasi ini juga memungkinkan kamu mengirimkan video berdurasi 15 detik dan video chat di grup. Fitur "augmanted messaging" akan menampilkan informasi yang relevan dengan video, seperti artis, merek dan lokasi. Penasaran seperti apa Tribe bekerja? Berikut ini video tutorialnya.

 

Founder Tribe Cyril Paglino mengungkapkan kepada Business Insider tentang bagaimana masa depan startup-nya. Dengan investasi US$ 3 juta atau senilai Rp 39 miliar, Tribe yakin akan meraih sukses dan mampu bersaing dengan Snapchat, Musical.ly dan Instagram.

Paglino membuat Tribe tahun lalu, setelah ia gagal dengan aplikasi PleekPerusahaan teknologi itu kemudian diakuisisi pada 2013. Setelah itu, mereka pindah dari Prancis ke San Francisco, Amerika Serikat, pada Oktober 2015. Tribe akhirnya berdiri dengan jumlah personel sebanyak 8 orang di Noe Valley. "Kami benar-benar beruntung. Ini benar-benar keren," ungkap Paglino.

Tim Tribe di kantor mereka di Noe Valley, San Francisco, Amerika Serikat. (BUSINESS INSIDER)

 

Kini Tribe digunakan oleh sekitar 500 ribu orang yang berusia antara 12-25 tahun. Paglino yakin jika Tribe bisa bersaing dengan Snapchat, yang dulunya hanya dimulai dengan berbagi foto. Tribe akan mengisi celah yang tidak ada di Snapchat.

"Saya pikir video akan segera menjadi media utama untuk berkomunikasi. Orang akan merasa lebih nyaman menggunakan video untuk berbicara," kata Paglino.

 

Selain pesan dalam grup yang tidak dimiliki Snapchat, Tribe juga memiliki fitur "augmanted messaging" untuk mengintegrasikan informasi ke dalam pesan video. Termasuk informasi dari luar aplikasi Tribe sendiri. Uber misalnya, dapat diakses melalui Tribe setiap kali pesan yang dikirim menyebutkan lokasi.

BUSINESS INSIDER | DIYAS PRADANA

4

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments