hero
Mendiang Raja Bhumibol Adulyadej dan Pangeran Vajiralongkorn (kanan) saat muda.

EDITOR : FAJAR ANUGRAH PUTRA

14 Oktober 2016, 16:36 WIB

THAILAND

Raja Thailand, Bhumibol Adulyadej (lahir 5 Desember 1927), meninggal dunia di usia 88 tahun pada Kamis 13 Oktober 2016. Raja yang sudah bertahta semenjak 9 Juni 1946 di usia 19 tahun atau selama 70 tahun itu mangkat di Rumah Sakit Siriraj, Bangkok. Raja Bhumibol meninggal setelah beberapa tahun belakangan kesehatannya terus menurun. Raja Bhumibol merupakan penguasa monarki terlama di muka bumi, disusul Ratu Elizabeth II dari Inggris yang sudah bertahta selama 64 tahun sejak 6 Februari 1952.

Pemerintah Thailand yang dikuasai junta militer mengumumkan masa berduka cita dan pengibaran bendera Thailand setengah tiang di seluruh negeri selama setahun sejak 13 Oktober 2016. Selama itu pula, rakyat diminta mengenakan pakaian hitam-hitam untuk menunjukkan duka citanya. Tak lupa, tempat hiburan dan industri pariwisata Thailand diimbau untuk mengurangi aktivitasnya selama sebulan.

“Beliau adalah Raja yang dicintai oleh rakyatnya dan kita semua diberkati karena pernah dipimpin olehnya,” ujar Jenderal Prayuth Chan-Ocha, Perdana Menteri Thailand saat mengumumkan kematian Raja di Bangkok, 13 Oktober 2016.

 



Lalu siapa penerus tahta Raja Bhumibol? Menurut Konstitusi Thailand, hanya laki-laki yang bisa menjadi Raja. Mendiang Raja Bhumibol dan Ratu Sirikit diketahui memiliki empat anak. Yaitu Putri Ubolratana Rajakanya sebagai anak pertama (lahir 5 April 1951), anak kedua Pangeran Maha Vajiralongkorn (lahir 28 Juli 1952), lalu Putri Maha Chakri Sirindhorn (lahir 2 April 1955) dan anak bungsu Putri Chulabhorn Walailak (lahir 4 Juli 1957).  

Artinya, Pangeran Maha Vajiralongkorn lah yang akan menggantikan ayahnya. Namun sang pangeran masih belum bersedia naik tahta dan meminta perdana menteri untuk  menunda penobatan dirinya sebagai raja. Alasannya karena dirinya masih berduka dan menghargai rakyatnya yang bersedih.

Lalu siapakah Pangeran Maha Vajiralongkorn? Sebagian masyarakat Thailand selama ini tidak banyak mengetahui sosok sang putra mahkota. Penyebabnya karena berita, apalagi yang negatif, tentang Pangeran Vajiralongkorn dilarang tayang di Thailand. Selain itu, sang pangeran juga lebih banyak hidup di luar negeri. 

Pangeran Vajiralongkorn memang eksentrik. Beberapa menyebutnya kontroversial.  Pihak junta militer Thailand sebenarnya tidak cocok dengan karakter Pangeran Vajiralongkorn yang berteman dengan mantan Perdana Menteri Thailand yang pernah terguling dalam kudeta militer pada September 2006, Thaksin Shinawatra. Thaksin terbukti korupsi dalam pengadilan in absentia pada 2008. Tak hanya itu, tabiat sang pangeran berbeda 180 derajat dari mendiang ayahnya yang bijak, santun, berwibawa dan cerdas.

 



Berikut beberapa isu kontroversi sang pangeran:

a. Pangeran Vajiralongkorn memiliki kehidupan yang hedon. Ayah tujuh anak itu dikenal suka pesta-pesta. Wikileaks malah pernah membocorkan dokumen rahasia diplomat Amerika Serikat yang memiliki video sang pangeran dan istri ketiganya, Putri Srirasmi, berpesta liar saat merayakan ulang tahun anjing mereka, Foo Foo, di Istana Kerajaan di Bangkok. Ketika itu Putri Srirasmi berjoget di depan orang banyak dengan hanya mengenakan pakaian dalam sangat minim.

b. Sang pangeran belum bisa mengikat tali sepatunya sendiri sampai usia 12 tahun karena para pelayaan kerajaan yang selalu melakukannya.

c. Dihadiahi pesawat tempur F-16 pada 1992 hanya untuk dipakai bersenang-senang. Pangeran Vajiralongkorn memang senang terbang.

 



d. Don Juan kelas kakap. Ia sering gonta ganti pacar semenjak remaja. “Dia anak yang baik, murid yang pintar dan perempuan menyukainya,” ujar Ratu Sirikit saat berkunjung ke Amerika Serikat pada 1982.

e. Disebut-sebut memiliki klub malam dan kasino di Thailand yang beroperasi tanpa membayar pajak.

 



f. Beredar foto dirinya memakai tanktop crop top, celana jins setengah melorot dan sandal gunung. Dalam foto itu juga terlihat tato di tubuh sang pangeran. Tampak para petugas, sepertinya di bandara, memberikan hormat untuk Pangeran Vajiralongkorn. Foto tersebut diduga diambil di Munich, Jerman pada Juli 2016 dan dimuat di media terkenal setempat, Bild.

 

g. Sang pangeran sudah tiga kali kawin cerai.

 


 

BBC | DAILY MAIL | TIME | INTERNATIONAL BUSINESS TIME | BILD

 

2

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments