hero
Skuad Chelsea. (chelseafc)

EDITOR : TITO SIANIPAR

14 Oktober 2016, 19:13 WIB

INGGRIS

Klub Inggris Chelsea memutuskan akan menggunakan kostum produk sponsor Nike mulai musim depan. Chelsea rela membayar penalti kepada Adidas karena kontraknya masih enam tahun lagi.

"Ini adalah perjanjian yang menyenangkan dan penting bagi klub," kata Direktur Chelsea Marina Granovskaia, seperti dikutip dari The Guardian, Kamis, 13 Oktober 2016.

Bersama Adidas, Chelsea 'hanya' mendapatkan 30 juta Poundsterling (sekitar Rp 480 miliar) setiap tahunnya. Sementara Nike memberikan tawaran hingga dua kali lipatnya: 60 juta Poundsterling setiap musim.

Ternyata selama ini Chelsea iri dengan rekan-rekan klub papan atas lainnya karena mendapatkan angka yang lebih besar dari Adidas. Per musimnya, Real Madrid mendapatkan 106 juta Pounsterling dan Manchester United 75 juta Poundsterling.

Dengan memutus kontrak Adidas yang tersisa enam tahun lagi, Chelsea harus membayar denda 40 juta Poundsterling (sekitar Rp 640 miliar). Angka ini masih di bawah apa yang diberikan Nike per musim: Rp 960 miliar.

Chelsea menggambarkan kesepakatan dengan pabrikan asal Amerika ini sebagai kesepakatan komersial sepanjang sejarah klub. Chelsea akan disponsori Nike untuk 15 tahun ke depan.

"Seperti Chelsea, Nike dikenal seluruh dunia dengan kesempurnaan dan inovasinya," kata Marina. "Kami yakin Nike akan membantu kami mempertahankan posisi di antara klub elit dunia."

Strip tiga khas Adidas di kostum Chelsea. (reuters)

Presiden Nike Trevor Edwards mengatakan tak sabar untuk bisa bekerja sama dengan Chelsea. "Kemitraan dengan Chelsea akan memperkuat posisi kami sebagai pemimpin di dunia sepak bola," kata Trevor.

Mengganti Adidas dengan Nike, kemungkinan besar kostum Chelsea akan dirombak total. Sebagai pesaing, Nike dipastikan tidak ingin ada tiga garis di bahu dan lengan, serta celana pemain Chelsea. 

THE GUARDIAN

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments