EDITOR : AULIA RAHMAT

14 Oktober 2016, 17:10 WIB

INGGRIS

Untuk pertama kalinya mobil tanpa sopir melaju di jalanan Inggris. Karena belum mengantongi ijin dari pemerintah, uji coba hanya dilakukan di sebuah pedestrian kecil di kawasan Milton Keynes.

Mobil berkapasitas dua orang ini mampu melaju hingga kecepatan 30 kilometer per jam. Agar terhindar dari kecelakaan, mobil ini dilengkapi dengan kamera, radar dan laser yang terhubung dengan sistem GPS. 

Sumber: APTN

Kamera berfungsi melihat kondisi di sekitar mobil. Radar berguna untuk mengetahui posisi mobil saat kondisi gelap dan cuaca buruk. Sedangkan laser tiga dimensi diperlukan untuk memindai kondisi jalan yang akan dilewati oleh mobil.

Uji coba ini dilakukan oleh sebuah organisasi nirlaba bernama  Sistem Transportasi Catapult. Dibutuhkan waktu selama 18 bulan untuk menyiapkan mobil ini. Termasuk memindai seluruh jalanan di Kota Milton. Mereka yakin ujicoba ini akan meyakinkan masyarakat jika driverless car cocok diterapkan di Inggris.

Sumber: APTN

Kecelakaan yang dialami pabrikan ternama Tesla awal tahun lalu membuat masyarakat khawatir dengan uji coba mobil tanpa sopir. Pada saat itu Tesla sedang gencar-gencarnya mengkampanyekan sistem baru tersebut. Seorang penumpang meninggal setelah mobil tidak dapat dikendalikan dan menabrak truk tronton. 

Sebuah studi di Inggris memperkirakan akan terjadi pertumbuhan pesat dalam industri mobil tanpa sopir. Pada tahun 2025 deperkirakan 1 persen dari mobil yang terjual di pasaran adalah mobil tanpa sopir. Bahkan beberapa perusahaan sudah terang-terangan menunjukan minatnya pada teknologi canggih ini. Antara lain, Google, Ford dan Uber. Mereka bahkan sudah melakukan uji coba lebih dahulu di Amerika Serikat.

APTN

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments