hero

EDITOR : OCTOBRYAN

12 Oktober 2016, 23:30 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Mantan Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi membantah tudingan Muhammad Nazarudin yang menyatakan dirinya menerima aliran dana US$ 25 Juta dari panitia proyek pengadaan paket penerapan kartu tanda penduduk berbasis nomor induk kependudukan (e-KTP) di Kementerian Dalam Negeri tahun 2011-2012.

Gamawan mengaku keterlibatannya pada proyek senilai Rp 6 triliun tersebut adalah terkait prosedur dan proyek awal pengadaan e-KTP termasuk ketika dia berperan menggandeng KPK dan Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) untuk mengawal proyek ini.

"Ketika itu saya surati KPK, setelah tender selesai saya juga surati BPKP untuk audit," ujarnya usai menjalani pemeriksaan di gedung KPK, Rabu, 12 Oktober 2016.

Gamawan Fauzi memberikan keterangan usai diperiksa KPK (NET\ALFA) 

Gamawan pun menantang Muhamad Nazaruddin yang sering "bernyanyi" untuk membuktikan ucapannya yang menuding bahwa‎ ada aliran dana proyek e-KTP yang masuk ke kantong pribadinya. ‎"Nazaruddin bilang saya terima, atau siapa? Buktikan saja kalau memang saya terima. Makanya dia saya laporkan dia ke Polda," tandasnya.

BACA JUGA:
KPK Dalami Peran Panitia Proyek Korupsi E-KTP
Nazaruddin Minta Harta Pribadinya yang Bukan Hasil Korupsi Dikembalikan
BPK: Semua Auditor Kami Profesional
KPK: Kasus BLBI dan Century Jalan Terus

Gamawan sendiri datang ke gedung KPK untuk memenuhi pemeriksaan sebagai saksi dalam kasus dugaan korupsi pengadaan Kartu Tanda Penduduk berbasis elektronik untuk tersangka mantan Dirjen Dukcapil Kemendagri, Irman.

Irman sebelumnya ditetapkan KPK sebagai tersangka kasus dugaan korupsi proyek e-KTP tahun 2011-2012. Irman diduga melakukan korupsi secara bersama-sama dengan Direktur Pengelola Informasi Administrasi Kependudukan Ditjen Dukcapil Sugiharto.

Irman dan Sugiharto dijerat dengan Pasal 2 ayat 1 subsider Pasal 3 Undang-Undang Nomor 31 tahun 1999 sebagaimana diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 tahun 2001 (UU Tipikor) juncto Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP jo Pasal 64 ayat 1 KUHP.

ADI SURYO | ALFA REZA

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments