hero

EDITOR : REZA ADITYA

11 Oktober 2016, 15:05 WIB

INDONESIA

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi dalam tiga bulan ke depan akan terjadi peningkatan curah hujan di berbagai daerah. Kepala Bagian Humas BMKG Hary Tirto mengimbau masyarakat untuk waspada.

"Terutama daerah seperti Lampung, Bengkulu, Pandeglang, Bogor, Garut, Tasikmalaya," kata Hary kepada NET, Selasa, 11 Oktober 2016. "Perlu menjadi kewaspadaan."

Hary mengatakan kewaspadaan itu perlu ditingkatkan lantaran curah hujan disertai angin kencang. Dikhawatirkan terjadi bencana seperti banjir dan tanah longsor di beberapa daerah tersebut.

"Gejalanya saat ini hujan sedang lebih dai lima jam durasinya," kata dia. "Sebagai contoh hujannya di sore terus nanti sampai dini hari. Itu akan menjadi kewaspadaan."

Beberapa daerah lainnya yang curah hujannya diprediksi akan tinggi antara lain di wilayah Sumatera bagian Utara, Selatan. Lalu kemudian di pulau Jawa dan Kalimantan Selatan serta Kalimantan Tengah. 

Ilustrasi badai (BMKG)

 

Sulawesi juga diprediksi akan terjadi curah hujan yang cukup tinggi. "Untuk wilayah Timur didominasi Papua, itu kategorinya sangat tinggi curah hujannya." Adapun puncak musim penghujan terjadi pada bulan Desember.

Kepala Badan Search and Rescue Nasional (Basarnas) Marsekal Madya TNI F.H. Bambang Soelistyo mengatakan jelang puncak musim penghujan, lembaganya sudah bersiaga. Tujuannya, meminimalisir terjadinya korban akibat bencana.

"Kami ikut memberikan pelatihan bagaimana masyarakat menghadapi bencana longsor banjir, musibah kecelakaan dan sebagainya," kata Soelistyo. Kegiatan tersebut dilakukan untuk mengedukasi masyarakat dalam menghadapi bencana.

Soelistyo sadar lembaganya tidak bisa 100 persen menyelamatkan korban jiwa dalam musibah bencana. Dia berharap masyarakat pun sadar terhadap bencana yang mengintai di musim penghujan ini.

"Biasanya, rata-rata bencana itu terjadi di daerah-daerah yang tidak mudah aksesnya," ujar dia. "Apalagi kalau ada akses kemudian tertutup longsor, kami mau masuk ke sana ada suatu hambatan."

DILLA HANTIKA

BACA JUGA

BACA JUGA:
Mereka yang Selamat dari Longsor
Longsor Belum Usai, Purworejo Kembali Diterjang Banjir
#PrayForGarut Banjir Bandang yang Merenggut Belasan Orang

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments