hero
Presiden Jokowi di Kementerian Perhubungan usai penggerebekan. (NET)

EDITOR : TITO SIANIPAR

11 Oktober 2016, 17:44 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Sedikitnya enam orang termasuk pegawai Kementerian Perhubungan ditangkap polisi dalam operasi tangkap tangan karena melakukan pungutan liar dalam mengeluarkan ijin.

"Yang ditangkap beberapa orang. Berkembang dari satu orang ke yang lainnya," kata Kepala Polri Jenderal Tito Karnavian, di Kementerian Perhubungan, Jakarta, Selasa, 11 Oktober 2016.

Penyidik gabungan Polda Metro Jaya dan Mabes Polri masih bekerja mengumpulkan barang bukti di lantai 6 dan lantai 12 Kementerian Perhubungan. Lantai 6 adalah Layanan Terpadu Satu Atap dan Lantai 12 adalah Perijinan.

Total barang bukti uang tunai yang disita penyidik dari kedua lokasi itu adalah Rp 95 juta. Masih ditambah uang dalam sejumlah rekening BCA, Bank Mandiri, dan BNI total lebih dari Rp 1 miliar.

Barang bukti hasil pengerebekan. (NET)

Menurut Tito, pegawai perhubungan mempersulit pengurusan ijin yang seharusnya bisa dilakukan melalui online. "Sehingga orang yang mengurus harus menyiapkan sejumlah uang untuk mempercepat," kata dia.

Ada beberapa perijinan yang diketahui menjadi lahan pungutan liar di Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan. Yakni buku pelaut, pendaftaran kapal, balik nama kapal, ijin berlayar, dan lainnya.

Dalam mengurus ijin kapal saja, kata Tito, terdapat beberapa bagian yang juga kerap dibutuhkan uang pelicin. Misalnya mengukur panjang kapal, daya angkut dan berat atau tonase kapal, mengganti bendera kapal dan lainnya.

Keenam orang yang ditangkap itu terdiri dari dua pegawai Kementerian Perhubungan, dua dari pihak swasta, satu orang calo, dan satu pegawai honorer di kementerian.

Kantor Kementerian Perhubungan. (NET)

Polisi akan terus mengembangkan aliran uang hasil pungutan liar ini. Pasalnya ada catatan yang berisi nama-nama penerima hasil pungutan liar itu. "Semuanya sedang berkembang. Kami akan dalami," ujar Tito

TIM LIPUTAN NET

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments