Mobil Dinamo. (NET/Munandar Syamsuddin)

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

11 Oktober 2016, 12:05 WIB

ACEH, INDONESIA

Pertumbuhan jumlah kendaraan roda empat setiap tahunnya terus menggalami peningkatan. Sepanjang bulan Juni 2016 saja sebanyak 91.471 unit kendaraan terjual di seluruh Indonesia. Sedangkan di sisi lain pada bulan yang sama tahun lalu hanya 82.139 unit. Penjualan pada Juni 2016 juga naik 3,3 persen dibandingkan perolehan bulan Mei sebelumnya. Kementerian Perindustrian sendiri menargetkan setiaptahunnya aka nada 2 juta kendaraan terjual. Sayangnya, dari jumlah tersebut semuanya merupakan merk asing bahkan buatan luar negeri.

Al Furqan, penemu Mobil Dinamo. (NET/Munandar Syamsuddin)

Melihat kondisi tersebut, Al Furqan, mahasiswa jurusan teknik mesin Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh berinisiatif untuk membuat mobil berukuran mini yang ramah lingkungan. Mobil yang diberi nama Malem Diwa 1.0 ini memiliki panjang 1,5 meter ini terbuat dari serat karbon yang tahan bakar. Mobil ini hanya bisa diisi satu orang saja. Untuk menggerakkan mesinnya, Al Furqan menggunakan baterai atau dynamo agar tidak menggeluarkan emisi karbon.

 Mobil Dinamo. (NET/Munandar Syamsuddin)

"Kita gunakan motor listrik, kita pakai baterai sebagai energinya biasa orang sebut dinamo. Jarak tempuhnya berdasarkan data itu 175 kilometer per kilowattnya" kata Al Furqan, pembuat mobil dinamo.

 Mobil Dinamo. (NET/Munandar Syamsuddin)

Untuk membuat satu mobil ini, Furqan membutuhkan waktu satu hingga tiga bulan, sedangkan biaya yang dikeluarkan untuk membuat mobil mencapai lebih dari Rp 100 juta. Saat ini mahasiswa UNSYIAH lsainnya juga sedang mempersiapkan dua unit mobil mini lainnya yang sedang dalam tahan perancangan. Mahasiswa berharap karyanya diapresiasi pemerintah Aceh dan terus dikembangkan agar bisa diproduksi missal.

MUNANDAR SYAMSUDDIN

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments