EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

10 Oktober 2016, 06:10 WIB

BLITAR, INDONESIA

Limbah pelepah pohon pisang kering yang selama ini nggak dimanfaatkan dengan baik ternyata bisa disulap menjadi beragam lukisan unik dan menarik serta bernilai jual tinggi. Seperti lukisan tokoh-tokoh Indonesia, pemandangan hingga kaligrafi. Di tangan Wawan Susanto, warga Blitar, Jawa Timur kreasi ini dibuat. Nggak butuh banyak bahan dan alat untuk membuat karya seni ini, cukup dengan lem kayu, gunting,pola atau gambar dan papan.

Pelepah Pohon Pisang Kering. (NET/Eko Nugroho)

Ide membuat lukisan ini berawal dari banyaknya pelepah pisang yang ada di sekitar rumahnya. Pelepah itu bisanya terbuang sia-sia karena dimanfaatkan. Nah, dari situ kemudian Wawan coba-coba untuk melukis menggunakan bahan pelepah pisang. Ternyata karyanya mendapat respon baik dari keluarga dan teman-temannya. Banyak yang yang memesan langsung kepada Wawan.

Lukisan Pelepah Pohon Pisang Kering. (NET/Eko Nugroho)

“Banyak pohon pisang di belakang rumah yang kering, memang selama ini pelukis yang medianya menggunakan cat minyak, jadi membuat ide yang sekiranya belum ada dengan memanfaatkan bahan yang ada di sekitar,” kata Wawan ketika ditemui oleh NET.

Setahun menggeluti lukisan ini ternyata banyak pesanan dari berbagai kota besar. Ruang bekas tempat berjualan di pinggir jalan kemudian disulap menjadi sebuah galeri mini. Untuk memenuhi permintaan, Wawan juga mengkreasikan cangkang telur sebagai ornament untuk mempercantik lukisan pelepah pohon pisang. Hingga saat ini, Wawan telah menghasilkan beragam lukisan dari pelepah pohon pisang. Harganya dibanderol mulai dari Rp 100 ribu hingga Rp 1,5 juta tergantung ukuran dan tingkat kesulitan.

EKO NUGROHO
 

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments