hero

EDITOR : FAJAR ANUGRAH PUTRA

9 Oktober 2016, 11:05 WIB

INDONESIA

Tidak perlu risau berlebihan saat jalan-jalan ke tempat baru tapi kamu memiliki alergi makanan. Kamu masih bisa jalan-jalan dengan santai dan menikmati makanan yang ada di tempat travelling, tentu dengan memerhatikan kondisi alergi yang dimiliki.

Beberapa tips di bawah ini mungkin bermanfaat bagi kamu yang alergi makanan namun suka jalan-jalan menjelajahi tempat baru.

1. Bawa Obat-obatan yang dibutuhkan

Bila alergi makanan pernah kambuh tentu kamu memiliki rekam medis obat yang diminum kan? Nah kamu bisa membawa obat tersebut. Namun sebaiknya agar lebih aman, konsultasikan dulu dengan dokter mengenai obat-obatan apa saja yang perlu dibawa untuk mengantisipasi alergi makanan kambuh.

 

Pixabay


 

2. Beritahu customer service maskapai penerbangan

Beritahu customer service atau memberi catatan saat booking tiket pesawat secara online mengenai makanan yang tidak bisa kamu makan. Ingatkan sekali lagi saat online check-in dan kepada awak kabin saat hendak lepas landas agar mereka mempersiapkan makanan yang cocok untuk kamu.

3. Gunakan kata dan simbol yang universal

Jangan lupa memakai kata-kata atau simbol universal atau yang artinya dipahami secara umum di mana saja ketika memberitahukannya kepada pihak hotel atau restoran, terutama yang tidak berbahasa Inggris. Misal bila alergi ikan maka kamu bisa menulis ‘No Fish’ atau gambarlah bentuk ikan dengan marka forbidden layaknya rambu lalu lintas.

Bisa juga memakai kata ‘No Dairy’ untuk alergi terhadap produk susu dan turunannya, ‘Vegetarian’ atau simbol sayuran untuk menjelaskan kamu tidak makan protein hewani atau simbol tanaman gandum yang diberi marka forbidden untuk memberitahu kamu alergi produk-produk dengan kandungan gluten.

 

Pixabay



4. Masak sendiri makanan kamu

Nggak ada salahnya memasak sendiri makanan yang cocok dengan kamu di hotel, apartemen atau fasilitas AirBnB tempat kamu menginap. Kamu bisa memilih dan memproses makanan kamu.

5.  Bawa camilan atau makanan instan

Ini mungkin agak kaku, tapi bila alergi makanan kamu sangat parah, membawa camilan atau makanan instan saat bepergian tak salah juga.

6. Browsing

Browsing dan pastikan apakah di tempat kamu jalan-jalan ada restoran atau hotel yang menyediakan makanan yang cocok untuk kamu. Bila ada, kamu catat daftarnya.

 

TRAVEL AND LEISURE

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments