hero
Sejumlah artis yang jadi juru kampanye masing-masing pasangan bakal calon gubernur DKI Jakarta (NET.Z Wishnu Adi)

EDITOR : REZA ADITYA

7 Oktober 2016, 16:25 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Memasuki masa kampanye pemilihan gubernur (Pilgub) DKI Jakarta 2017, sejumlah pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur mulai bersiap atur strategi pemenangan. Salah satunya adalah dengan menggaet para artis dan selebritis menjadi juru kampanye.

Seperti yang dilakukan tim sukses Ahok-Djarot mengusung Sophia Latjuba sebagai juru bicara pada masa kampanye nanti. Di pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur Agus Harimuti-Sylviana Murni pun tak mau kalah.

Mereka menyodorkan nama-nama sejumlah artis ibu kota seperti Desi Ratnasari, Vena Melinda, Okky Asokawati, Anang Hermansyah, Lucky Hakim, Arzetti Bilbina, Primus Yustisio dan Krisna Mukti, yang juga merupakan kader Partai Amanat Nasional (PAN).

Sophia Latjuba (Instagram)

 

Juru bicara tim sukses Agus-Sylviana, Eko Hendro Purnomo atau akrab disapa Eko Patrio, optimistis adanya nama-nama selebritis itu bisa menggaet para pemilih. "Para pekerja seni menjadi bagian dari hiruk-pikuk berkaitan dengan Pilkada," kata Eko, Jumat, 7 Oktober 2016.

Popularitas seorang artis, kata Eko, diakui dapat meraup banyak pemilih. Itu sebabnya, PAN yang juga mengusung Agus-Sylvi, mengerahkan sejumlah kader artisnya.

Di kubu Anies Baswedan-Sandiaga Uno, deretan nama artis ternama juga sudah dipersiapkan jelang masa kampanye. Ketua tim sukses Anies-Sandiaga, Mardani Ali Sera, masih enggan menyebutkan siapa nama-nama artis yang akan mendukung pada masa kampanye nanti.

 

Venna Melinda

"Yang pasti lihat saja di beberapa akun media sosial pak Anies, itu kan banyak artis," kata dia. "Tapi biar mereka (para artis) saja yang mengkonfirmasi bahwa mereka mendukung Anies-Sandiaga."

Masing-masing tim sukses yakin adanya artis bisa meningkatkan perolehan suara. Namun, pengamat politik dari Universitas Paramadina, Hendri Satrio, menilai kampanye yang mengusung nama artis kurang mempengaruhi pemilih.

Desi Ratnasari

 

"Artis itu hanya 1 persen saja pengaruhnya dalam perolehan suara di pemilihan gubernur," kata Hendri. "76 persen itu dari pilihan pribadi setiap pemilih." Selebihnya, kata Hendri, dari strategi politik yang dilakukan masing-masing partai pengusung calon.

Peneliti politik dari Lingaran Survei Indonesia (LSI) Ardian Sopa mengatakan para kandidat calon gubernur dan wakil gubernur ini mempunyai basis masa tersendiri. Artinya, adanya artis pun tidak berpengaruh signifikan terhadap perolehan suara.

"Masing-masing punya pemikat pemilih sesuai dengan karakter kandidat," ujar dia. "Tinggal bagaimana dimanfaatkan oleh tim sukses."


RA |NADIA SAGARA |DELVIANA AZARI
 

BACA JUGA
Sophia Latjuba Jadi Jubir Timses Ahok-Djarot
Artis-artis yang Menjadi Pemanis di Dunia Politik Indonesia
 

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments