hero

EDITOR : AULIA RAHMAT

7 Oktober 2016, 10:20 WIB

INDONESIA

Bertahun-tahun olimpiade digelar di seluruh dunia. Event empat tahunan ini tidak sekedar menjadi ajang perlombaan cabang olahraga semata. Olimpiade adalah representasi sebuah negara yang ditunjukan dengan kemajuan ekonomi dan pembangunan. Fasilitas-fasilitas olahraga megah dibangun sebagai bukti berkembang pesatnya peradaban di negara tuan rumah.

Berikut adalah 13 venue olimpiade termegah yang pernah dibangun di bumi ini.

1. Stadion Nasional Beijing

Stadion berkapasitas 91 ribu kursi ini di lapisi pelat baja yang malang melintang membungkus tribun bagian dalam. Pelat baja disusun tidak teratur sehingga membuatnya terlihat seperti sangkar burung raksasa. 

Stadion Nasional dibangun untuk perhelatan Olimpiade Beijing 2008. Proses pendirian bangunan memakan waktu 5 tahun dengan dana sejumlah 500 juta dolar AS.

Sumber: Tech Insider

Event: Olimpiade Musim Panas Beijing 2008
Arsitek: Herzog & de Meuron, Li Xinggang, Ai Weiwei

2. The Olimpic Arch of Turin

Sebuah konstruksi raksasa menyerupai busur panah ini didirikan untuk menyambut Olimpiade Musim Dingin Turin 2006. The Olimpic Arch of Turin adalah sebuah pedestrian yang menghubungkan antara asrama atlet dengan venue pertandingan. Menjulang setinggi 69 meter merupakan wujud keseriusan pemerintah Italia mempromosikan kota Turin di ajang olimpiade.

Sumber: Tech Insider

Event: Olimpiade Musim Dingin Turin 2006
Arsitek: Hugh Dutton

3. Olympiastadion Berlin

Stadion ini dibangun saat rezim Nazi berkuasa di Jerman. Bentuknya yang melingkar adalah simbol pengekangan individu oleh pemerintah. Stadion yang kini digunakan oleh klub sepakbola Herta Berlin ini dibangun sebagai tempat pembukaan dan penutupan Olimpiade Musim Panas Berlin 1936.

Sumber: Tech Insider

Event: Olimpiade Musim Panas 1936 Berlin
Arsitek: Werner March

4. Olympiastadion Munich

Berbeda dengan Berlin, Olympiastadion Munich adalah simbol dari keterbukaan. Atap dibuat transparan sebagai simbol Jerman Barat terbuka dengan semua negara peserta olimpiade. Bekas markas klub kenamaan, Bayern Munich ini dibangun pada tahun 1972 sebagai venue utama di perhelatan Olimpiade Musim Panas Munich.

Sumber: Tech Insider

Event: Olimpiade Musim Panas Munich 1972
Arsitek: Gunter Behnisch dan Frei Otto

5. Olympic Shooting Venue, London

Arsitek dari Magma Arc terinspirasi dari tujuan olahraga menembak, yakni presisi. Bangunan ini terdiri dari tiga tenda raksasa berwarna putih yang bisa dibongkar pasang. Keunikan venue ini adalah ventilasi berwarna merah yang tampak kontras dengan bangunan utama. 

Sumber: Tech Insider

Event: Olimpiade Musim Panas London 2013
Arsitek: Magma Architecture

6.  Stadion Olimpiade London

Konstruksinya cekung ke atas seperti mangkok, membuat penonton lebih dekat dengan pertunjukan. Stadion berkapasitas 60 ribu kursi ini dibangun untuk Olimpiae London 2012. Usai perhelatan olimpiade, Stadion London merupakan home base klub sepak bola West Ham United.

Sumber: Tech Insider

Event: Olimpiade Musim Panas London
Arsitek: Populous

7. Stadion Olimpiade Montreal

'The Big O' berbentuk menyerupai donat dengan sebuah menara miring setinggi 169 meter. Venue Olimpiade Montreal 1976 ini sempat mengalami kesalahan konstruksi sehingga biaya membengkak hingga 1 miliar dolar AS. Stadion berkapasitas 54 ribu kursi ini adalah yang terbesar se antero Kanada. Stadion ini adalah rumah bagi klub sepak bola Montreal Impact yang berlaga di Major League Soccer (MLS).

Sumber: Tech Insider

Event: Olimpiade Montreal 1976
Arsitek: Roger Tallibert

8. The Beijing National Aquatics Center

Meskipun tidak berbentuk kubus, masyarakat lebih mengenal venue ini dengan nama water cube. Di malam hari bangunan ini memancarkan cahaya berwarna biru, tampak seperti gelmbung sabun yang terbang tertiup angin. Pemerintah China menggelontorkan dana sebesar 140 juta dolar AS untuk membangun water cube. Usai perhelatan olimpiade, bangunan ini digunakan sebagai taman air terbesar di Beijing.

Sumber: Tech Insider

Event: Olimpiade Beijing 2008
Arsitek: PTW Architects

9. Stadion Olimpiade Athena (Spyros Louis)

Nama stadion ini diambil dari peraih medali pertama pada olimpiade modern 1896. Stadion berkapasitas 69 ribu kursi ini adalah venue utama dalam Olimpiade Athena 2004.

Sumber: Tech Insider

Event: Olimpiade Athena 2004
Arsitek: Weidleplan dan Santiago Calatrava

10. Yoyogi National Gymnasium

Atap melengkung yang menggambarkan arsitektur tradisional Jepang menjadikan bangunan ini terlihat ikonik. Pada Olimpiade Tokyo 1964 arena berukuran sedang ini digunakan untuk perlombaan renang dan selam. 

Sumber: Tech Insider

Event: Olimpiade Tokyo 1964
Arsitek: Kenzo Tange

11. ANZ Stadium, Sydney

Stadion kebanggaan masyarakat Australia ini merupakan arena yang bisa digunakan untuk berbagai macam jenis olahraga, antara lain: kriket, sepak bola, rugbi dan atletik. Kursi-kursi di sini bisa di pindah-pindahkan sehingga bisa mengubah bentuk stadion. 

Sumber: Tech Insider

Event: Olimpiade Sydney 2000
Arsitek: Populous

12. Palazzeto dello Sport

Palazzeto dello Sport adalah salah satu venue terkecil di Olimpiade Roma 1960. Dengan pilar-pilar miring berbentuk menyerupai huruf Y, kubah unik ini merupakan salah satu bangunan paling artistik di kota Roma. Pada Olimpiade Roma 1960, bangunan berkapasitas 3500 kursi ini menggelar pertandingan bola basket. Saat ini Palazzeto beralih fungsi sebagai arena bola voli.

Sumber: Tech Insider

Event: Olimpiade Roma 1960
Arsitek: Pier Luigi Nervi

TECH INSIDER

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments