Museum Santet Surabaya. (NET.CJ/Ahmad Fandi)

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

6 Oktober 2016, 14:00 WIB

KOTA SURABAYA, INDONESIA

Surabaya, selain terkenal sebagai Kota Pahlawan tempat ini juga menyimpan banyak sekali objek wisata yang bisa dikunjungi salah satunya adalah cagar budaya Museum Kesehatan yang ada di Jalan Indrapura 17, Surabaya. Masyarakat sekitar menyebutnya sebagai 'Museum Santet'. Sebutan itu tak lepas dari banyaknya barang-barang aneh yang ada di museum itu seperti boneka Jelangkung, boneka Nini Towok, keris hingga pernak-pernik berbau mistis lainnya.

Keris koleksi Museum Santet. (NET.CJ/Ahmad Fandi)

Meski beberapa yang ada di dalamnya termasuk santet ini tidak bisa dikaji secara ilmiah, namun hingga saat ini ilmu santet masih dipercayai oleh sebagian masyarakat. Terlepas dari banyaknya barang-barang mistis, museum ini juga menyimpan berbagai benda bersejarah tentang perkembangan peralatan kesehatan sejak zaman dahulu.

Tanah kuburan koleksi Museum Santet. (NET.CJ/Ahmad Fandi)

Museum kesehatan ini pertama kali dirintis dan didirikan oleh Doktor Haryadi Suprapto pada tahun 1990. Haryadi merupakan peneliti di Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan di bawah naungan Kemenkes RI. Setelah pensiun, ia akhirnya berinisiatif untuk mengumpulkan barang-barang sisa di gudang kantornya hingga tercipta museum. Untuk mengunjungi museum kesehatan ini biaya tiket masuknya sangat murah yakni sebesar Rp 1.500 per orang.

NET.CJ AHMAD FANDI

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments