EDITOR : AULIA RAHMAT

6 Oktober 2016, 10:20 WIB

INDONESIA

Google baru saja meluncurkan dua seri smartphone buatannya sendiri, Pixel dan Pixel XL. Pabrikan asal Silicon Valey ini berupaya menjegal langkah Apple yang saat ini memimpin sebagai produsen telepon pintar premium terlaris di dunia.

Persaingan semakin terlihat ketika Google mengunggah sebuah pesan dari iPhone yang mengatakan memori penyimpanan foto penuh. Ini berbanding terbalik dengan salah satu fitur andalan yang diusung Pixel, yakni ruang penyimpanan foto tidak terbatas yang terintegrasi dengan Google Photos.

"Kita akan melakukan segalanya untuk sistem android yang sedang kita kembangkan, termasuk perangkat keras seperti Pixel," kata Product Manager Pixel, James Nugent.

Perbedaan pertama dari kedua varian ini terletak pada ukuran layar. Pixel memiliki layar berukuran 5 inci sedangkan Pixel XL memiliki layar 5,5 inci. Layar-layar ini menggunakan teknologi High Definition Amoled Display, 1080p pada Pixel dan 1440p pada Pixel XL. Perbedaan kedua adalah kapasitas baterai. Pixel memiliki baterai 2770 mAh, sedangkan Pixel XL memiliki baterai 3450mAh.

Google juga tidak ragu mengklaim kamera Pixel dan Pixel XL sebagai yang terbaik dibanding dua kompetitornya iPhone 7 dan Samsung S7. Berdasarkan analisa yang dikeluarkan DxOMark, kamera 12 megapixel milik Pixel mempunyai skor 89. Unggul tipis diatas iPhone 7 yang memiliki skor 87 dan Samsung S7 dengan skor 88. Menurut Google kecepatan pengambilan gambar dan auto fokus Pixel adalah yang terbaik diantara ketiga pabrikan tersebut.

Dari sisi dapur pacu, Pixel dan Pixel XL menggunakan prosesor Snapdragon 821 dengan RAM 4 GB. Terdapat dua pilihan kapasitas memori penyimpanan, yakni 32 GB dan 64 GB. Kedua ponsel hadir dengan sistem operasi Android 7.1 Nougat. Soal konektivitas ada USB-C, Bluetooth 4.2 dan port audio 3.5 mm.

Bahan baku kedua ponsel ini terbuat dari aluminium, sementara pada bagian belakang ponsel dilapisi aluminium dan kaca.

Keunggulan Pixel yang lain adalah sistem Google Assistant yang sudah terintegrasi. Fitur ini dapat membantu mencari kebutuhan apapun yang kita inginkan melalui pesan tertulis dan pesan suara.

Ponsel Pixel dan Pixel XL akan dijual dengan sistem pre-order mulai 5 Oktober 2016. Pixel 32 GB dijual seharga 649 dollar AS atau Rp 8,5 juta. Pixel 128 GB dijual seharga 749 dollar AS atau Rp 9,8 juta. 

Sedangkan Pixel XL dijual sedikit lebih mahal. Pixel XL 32 GB dijual seharga 769 dollar AS atau Rp 10 juta daan Pixel XL 128 GB seharga 869 dollar AS atau Rp 11,3 juta.

THE GUARDIAN

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments