hero
Demo mengecam kekerasan TNI terhadap wartawan di Medan. (NET/Yono)

EDITOR : TITO SIANIPAR

5 Oktober 2016, 14:20 WIB

INDONESIA

Hari ulang tahun Tentara Nasional Indonesia ke-71 diwarnai aksi unjuk rasa sejumlah kelompok jurnalis di beberapa daerah. Mereka mengecam kekerasan oleh aparat TNI terhadap pekerja pers.

"Kami protes terhadap tindakan kekerasan yang dilakukan TNI terhadap rekan-rekan kami. Makanya hari ini kami lakukan aksi damai tutup mulut," kata Amrizal, koordinator aksi wartawan di Medan, Rabu, 5 Oktober 2016.

Salah satu yang menjadi sorotan adalah yang terjadi di Madiun pada Minggu, 2 Oktober 2016 lalu. Wartawan NET Soni Misdannanto dipukul oleh aparat Batalyon Infanteri 501 Rider Madiun. Kamera dan hasil liputannya juga dirampas.

Selain kasus di Madiun, kekerasan terhadap jurnalis juga terjadi di Medan pada 15 Agustus 2016 lalu. Anggota TNI AU dan Paskhas Lanud Soewondo Medan menganiaya wartawan yang meliput, Array Agus (Tribun Medan) dan Andri Safrin (MNC TV).

Poster-poster demo wartawan di HUT TNI. (NET)

Menurut Amrizal, kasus itu belum ada perkembangan dan para pelaku belum dijatuhi sanksi. "Sampai saat ini tidak ada kepastian hukum meskipun rekan-rekan sudah melaporkan," kata dia. 

Selain berdemonstrasi dengan menggelar poster dan berorasi, para wartawan juga melakukan aksi boikot peliputan pada hari ulang tahun TNI ke-71 ini. 

Di Gorontalo, aksi unjuk rasa dihiasi teatrikal pemberian UU Pers sebagai kado ulang tahun bagi TNI. Mereka mendatangi markas militer di sana dengan membawa balon warna-warni menandakan penolakan terhadap kekerasan.

Demo jurnalis di Gorontalo. (NET/Wahyono)

"Karena menurut kami mereka masih kurang memahami kerja-kerja pers," kata Debby Mano, Ketua Aliansi Jurnalis Independen Gorontalo. Debby berharap kekerasan seperti itu tidak lagi berulang.

YONO SYAHPUTRA | WAHYONO MOPANGGA

BACA JUGA:
Panglima TNI Pastikan Aparat Pemukul Wartawan Dipidana
Di Madiun Anggota TNI Pukuli Warga dan Wartawan
AJI: Berdamai Tak Selesaikan Kasus Pemukulan Wartawan
Kapen Kostrad: TNI Pukul Jurnalis Madiun karena Salah Paham

8

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments