Badan dan tsunami landa Korea Selatan. (Korea Times)

EDITOR : TITO SIANIPAR

5 Oktober 2016, 21:37 WIB

KOREA SELATAN

Kota Busan di Korea Selatan dilanda tsunami akibat topan Chaba yang terjadi di lautan sekitarnya. Akibatnya, sejauh ini lima jiwa melayang, dan sejumlah industri termasuk Pelabuhan Busan ditutup.

Situs Reuters melaporkan badai Chaba melanda bagian selatan Korea dengan angin yang kencang dan hujan lebat sejak Rabu, 4 Oktober 2016. Salah satu yang paling parah terkena dampaknya adalah Pulau Jeju.

Di Pulau Jeju, seorang warga dilaporkan hilang karena badai yang melanda sepanjang malam. Badai juga merusak rumah dan pasokan jaringan listrik. Sebanyak 26 penerbangan dari Cina ke pulau wisata itu dibatalkan hari ini.

Selain Busan, kota Ulsan yang ada di sebelahnya juga terdampak serangan topan dan tsunami. Dua pabrik Hyundai Motor di Ulsan terpaksa harus tutup karena serangan air. Selain itu industri kapal seperti Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering Co Ltd di kota Geoje juga ditutup.

Pabrik Hyundai di Ulsan. (Korea Times)

Kementerian Keamanan Publik Korea Selatan mengatakan selain lima orang meninggal, masih ada tiga lagi yang masih hilang. Diperkirakan jumlah korban akan terus meningkat seiring belum usainya ancaman badai dan tsunami.

Beberapa tayangan televisi Korea dan media sosial menggambarkan betapa arus tsunami menyapu semua yang ada di darat. Mobil-mobil melayang dibawa arus air. Tsunami juga membanjiri kawasan hunian padat apartemen di Busan.

Dampak badai di Pulau Jeju. (Korea Times)

Di Bandara Gimhae, Busan sebanyak 80 penerbangan dibatalkan. Kereta cepat KTX juga tidak bisa beroperasi. Badai Chaba diperkirakan akan melemah dalam beberapa hari ke depan dan bergerak ke arah timur, yakni Jepang.

REUTERS | KOREA TIMES

4

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments