hero

EDITOR : AULIA RAHMAT

5 Oktober 2016, 12:30 WIB

JEPANG

Toyota baru saja meluncurkan sebuah robot bayi yang diberi nama Kirobo Mini di Jepang. Robot ini didesain khusus untuk menciptakan hubungan emosional bagi para orang tua yang memutuskan tidak memiliki anak.

Robot canggih ini dilengkapi dengan kecerdasan buatan layaknya seorang manusia sungguhan. Terdapat sensor kamera yang membuatnya mampu mengenal dan berkomunikasi dengan manusia. 

"Dia nampak bergoyang, seperti bayi yang kehilangan keseimbangan. Ini sengaja dibuat agar tercipta hubungan emosional" kata Fuminori Kataoka Teknisi Kepala Kirobo Mini seperti dikutip The Guardian.

Kirobo Mini diluncurkan di Jepang (Sumber: Reuters)

Kirobo Mini mulai dijual tahun depan di Jepang seharga Rp 5,1 juta. Peluncurannya menambah daftar robot-robot pendamping yang telah diciptakan manusia. Sebelumnya ada Jibo, robot canggih yang bisa bersosialisasi dengan manusia, buatan ahli robotika dari Massachusetts Institute of Technologi. Ada juga Paro, robot buatan Jepang yang diciptakan untuk menenangkan lansia penderita dimensia. 

Berdasarkan data yang dirilis oleh International Federation of Robots, Jepang merupakan pengguna robot industri terbesar di dunia setelah Korea Selatan. Dari 100 ribu pekerja 314 diantaranya adalah mesin robot. Penemuan robot canggih yang bisa berinteraksi dengan manusia adalah bukti bahwa robot tidak lagi digunakan untuk komoditas industri saja, tetapi juga untuk menemani manusia di rumah, kantor dan pertokoan.

THE GUARDIAN

 

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments