Bakso Ikan Marlin. (NET/Putu Wijana)

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

3 Oktober 2016, 11:30 WIB

BALI, INDONESIA

Bakso salah satu kuliner yang sangat mudah kita temukan. Biasanya, bakso dibuat dari daging sapi atau ayam dengan campuran tepung. Tapi belakangan ini, banyak beredar bakso dengan aneka kreasi, seperti bakso ikan marlin. Sesuai dengan namanya, bakso ini dibuat dari ikan marlin segar tanpa bahan pengawet.

Bakso Ikan Marlin. (NET/Putu Wijana)

Proses pembuatannya hampir sama dengan bakso daging sapi ataupun ayam. Hanya saja, bakso ikan marlin ini memiliki sedikit perbedaan pada kuahnya. Kuah bakso ini dibuat dari campuran bumbu Bali layaknya sup. Bumbu yang digunakan seperti bawah putih, jahe, tomat, daun bawang, irisan belimbing wuluh, terasi, cabai dan gula pasir.

Bakso Ikan Marlin. (NET/Putu Wijana)

Bumbu Bali ditumis dan dicampur dengan sambal terasi, lalu ditambahkan air hingga mendidih. Untuk menyajikannya bakso yang sudah jadi tinggal disiram kuah. Bakso ini bisa ditemukan dengan mudah di Rumah Makan Sari Mina yang terletak di Kawasan Buleleng, Bali. Putu Putra, pemilik restoran ini mengaku jika resep bakso marlin telah ditemukan sejak 15 tahun silam.

Sup Ikan. (NET/Putu Wijana)

Menu ini bahkan menjadi salah satu sajian andalan di restorannya. Dalam sehari, rumah makan ini bisa menjual 40 mangkok bakso dan sup ikan. Bahkan wisatawan yang berkunjung ke Bali mampir ke restoran ini. Apalagi, restoran ini duluanya adalah sebuah rumah peninggalan Belanda. Suasana klasik menjadi daya tariknya. Biasanya bakso ikan marlin disajikan dengan sup ikan kerapu. Harga satu mangkuk bakso ini dijual Rp 20 ribu, sedangkan sup ikan kerapu dihargai Rp 25 ribu per porsinya.

PUTU WIJANA
 

3

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments