hero
Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo (NET)

EDITOR : REZA ADITYA

3 Oktober 2016, 10:35 WIB

INDONESIA

Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo menyesalkan aksi pemukulan yang dilakukan anggotanya terhadap wartawan NET TV di Madiun, Jawa Timur. Dia memastikan insiden itu tidak akan terulang.

"Itu semuanya sudah ditindaklanjuti, kami mengadakan penyelidikan dan penyidikan tentunya akan diproses," kata Gatot, Ahad, 2 Oktober 2016. "Kemudian juga sudah dilakukan berdamai perdamaian antara kedua perkubuan."

Wartawan NET TV, Soni Misdananto, dianiaya anggota Batalion Infanteri Lintas Udara 501 Bajra Yudha Kostrad. Soni dipukuli oknum anggota TNI itu saat sedang meliput perayaan satu suro di Kelurahan Demangan, Madiun, Jawa Timur.

Soni Misdananto menjalani visum di RS dr Soedono Madiun (Istimewa)

 

Peristiwa itu terjadi ketika Soni meliput peristiwa kecelakaan lalu lintas yang melibatkan anggota perguruan pencak silat Persaudaraan Setia Hati (PSH) Terate dengan warga di perempatan Te'an, Kelurahan Demangan.

Saat sedang mengambil gambar kecelakaan, ada anggota TNI yang menghajar anggota PSH Terate. Soni tetap merekam gambar tersebut. Tiba-tiba, Soni yang masih memakai helm dipukul kepalanya. Wajah Soni juga dipukuli dan punggungnya ditendang.

Usai pemukulan, giliran Soni diringkus dan dibawa aparat TNI ke pos terdekat. Salah seorang anggota TNI diketahui bernama Prada Herdiana, meminta paksa sebuah memory card lalu merusaknya. 

Mendengar hal tersebut, Gatot tak berani menjelaskan sanksi yang tepat diberikan kepada anggotanya yang menganiaya wartawan tersebut. Dia hanya mengatakan pemberian sanksi tergantung dari hasil penyidikan.  "Sanksinya saya tidak bisa menyampaikan berat atau ringan tetapi sesuai dengan nanti hasil penyelidikan dan penyidikan proses hukum."

MELISA LOLINDU

BACA JUGA

Di Madiun Anggota TNI Pukuli Warga dan Wartawan
Kapen Kostrad: TNI Pukul Jurnalis Madiun karena Salah Paham

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments