hero

EDITOR : DEWI RACHMAYANI

1 Oktober 2016, 13:40 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Gaya hidup sehat, lagi jadi tren. Buat yang jeli ngeliat peluang bisnis, ini angin segar. Yang perlu kamu lakukan, gali ide sekreatif mungkin untuk membuat makanan sehat yang kekinian.

Nah, yang sekarang lagi jadi tren, smoothie bowl. Lihat nih! Lucu-lucu banget kan?

Instagram @smoothieb0wls
Instagram @smoothieb0wls

 

Smoothie bowl lagi jadi hits di media sosial. Nggak heran, tampilannya emang seger banget dan menarik untuk difoto. Gak cuma enak dilihat, smoothie bowl juga kaya nutrisi.

Sesuai namanya, smoothie bowl adalah campuran buah dan sayur yang dibekukan kemudian diolah menjadi smoothie. Campuran buah dan sayur ini disajikan di mangkuk. Jangan lupa beri topping seperti granola, kelapa kering atau potongan aneka buah.

Makanan satu ini, baru populer di Jakarta. Walau masih baru, tapi prospeknya cerah. Target  pasarnya, siapa lagi kalau bukan kelas menengah yang terus meningkat sejak 5 tahun terakhir.

“Potensial karena marketnya cukup gede, dipenuhi kelas menengah. Kedua, pemainnya masih belum banyak. Terus ada booster-nya yaitu gaya hidup. Jadi orang makan dipotret masuk Instagram itu keren. Itu yang akan menimbulkan talk mouth diantara pembeli ke konsumen yang lain,” tutur Yuswohady, pengamat usaha kreatif.

Instagram @smoothieb0wls

Salah satu pionir restoran yang menyajikan smoothie bowl di Jakarta adalah Snctry, adanya di kawasan Dharmawangsa, Jakarta Selatan. Harga semangkuk smoothie bowl, 30 ribu hingga 65 ribu rupiah. Bagi sang pemilik, Amina Qonita, jalani bisnis dengan buah sebagai bahan utama bukan hal mudah. Yang pasti, kesegaran buah jadi perhatian utama.

Because we dealing with fruits and vegetables yang fresh. Jadi ada kendala-kendala seperti musim gitu. Misalnya ada menu-menu di Snctry yang keluarnya cuma di musimnya aja, jadi kita harus selalu berkreasi, selalu mikirin step-step baru," tutur Amina.

Di bisnis ini, ada juga Berrywell yang sama-sama menjual smoothie bowl. Bagi pengelola Berrywell, bermain di bisnis makanan sehat perlu keahlian mumpuni. Harus paham kualitas bahan makanan, hingga punya strategi penjualan yang tepat sasaran.

 "Jadi, kita musti promosi lebih ke experience, ke taste, lalu sehat tuh bonusnya. Jadi kita targetnya lebih ke mau bikin makanan sehat yang bisa dimakan sehari-hari. Karena makanan sehat itu stigmanya kurang begitu bagus. Orang mikirnya langsung mahal, it's not tasty. Jadi konsep yang mau kita bikin, makanan yang enak tapi sehat," tutur Kecin Pudjiadi, Chief Financial Officer Berrywell.

Instagram @smoothieb0wls
Instagram @smoothieb0wls

Kedepan, bisa jadi jumlah pemain akan semakin banyak. Maklum, bisnis ini memang bisa dijalankan siapa saja. Di tengah kemajuan teknologi yang bisa dimanfaatin untuk memasarkan produk, smoothie bowl jadi kuliner yang cocok untuk pemula yang mau belajar bisnis.

LIA ASTRIA | DIKA WIDIARTO

3

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments