hero
Anies Baswedan dan Sandiaga Uno diusung partai Gerindra dan PKS maju Pilgub DKI Jakarta (NET)

EDITOR : OCTOBRYAN

1 Oktober 2016, 19:05 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Program penguatan peran keluarga dan perempuan tampaknya akan menjadi senjata andalan untuk pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan-Sandiaga Uno menjawab berbagai tantangan yang terjadi dalam kehidupan warga ibu kota sehari-harinya.

"Waktu menjadi Menteri, saya sudah buat gerakan antar anak sekolah hari pertama, artinya keluarga dilibatkan untuk memperhatikan pendidikan bagi anak-anaknya," ujar Anies Baswedan di Jakarta, Sabtu, 1 Oktober 2016.

Menurut Anies, keluarga adalah tempat pertama untuk menyelesaikan persoalan yang ada di ibu kota karena keluarga dinilai bisa membentuk perilaku dan kebiasaan seseorang.

Anies Baswedan (NET)

Anies melanjutkan, perempuan terutama kaum ibu memegang peran penting dalam menghadapi tantangan sosial dan ekonomi di kota metropolitan di antaranya menekan kenakalan remaja, pengelolaan rumah tangga, dan kebutuhan ekonomi.

Baca Juga: 
Pilgub DKI, Berebut Suara Milenials
Cicak, Empal & Gulat 'Rahasia' Bakal Cagub DKI Jakarta
Ini Hasil Tes Kesehatan Cagub-Cawagub DKI Jakarta
KPUD Jakarta Jamin Warga Korban Gusuran Bisa Milih

Selain itu, kata dia, ibu merupakan pihak yang paling bertanggungjawab terhadap sukses atau tidaknya pendidikan anak.

"Pemerintah daerah tidak sekedar memperhatikan pendidikan anak saja. Tapi, harus juga bertanggung jawab membantu orang tua mereka dalam menjalankan peran pendidikan," ujar pria yang juga mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pada Kabinet Kerja II Presiden Joko Widodo.

Pemilih perempuan di Provinsi DKI Jakarta dinilai cenderung lebih kritis dan rasional. Karena itu, figur pasangan calon (paslon) yang rupawan belum tentu dapat memengaruhi pilihan para pemilih perempuan pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2017.

Dalam hasil sinkronisasi DP4 Pilkada DKI 2017 yang dirilis Komisi Pemilihan Umum, jumlah total pemilih diproyeksikan sebanyak 7,4 juta pemilih. Dari jumlah itu, terdapat 3,7 juta pemilih perempuan atau 50 persen dari jumlah total pemilih dan 188 ribu pemilih pemula perempuan. 

TANIA FRANSISCA

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments