EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

1 Oktober 2016, 10:00 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Belakangan ini, kita dihebohkan dengan nama-nama bakal Calon Gubernur DKI Jakarta. Ada Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, Agus Yudhoyono dan Anies Baswedan. Munculnya nama Agus dan Anies sempat membuat kaget warga Jakarta. Terlebih ketika Agus itu rela melepaskan karier gemilangnya di TNI Angkatan Darat, sementara Anies Baswedan yang dulunya menjadi Juru Bicara Presiden Jokowi saat Pilpres 2014 justru dicalonkan oleh Partai Gerindra dan PKS yang merupakan rival partai penguasa.

Sosok Agus Yudhoyono memang nggak setenar Ahok tapi gaya kepimpinannya di militer, dinilai sebagian orang mampu menjadi calon leader DKI Jakarta selanjutnya. Apalagi wajahnya yang tampan dan gagah membuat suami dari Anisa Pohan itu makin disenangi kaum wanita. Sementara itu, Anies Baswedan yang terhitung baru dicopot dari jabatannya sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nggak disangka akan menjadi pasangan Sandiaga Uno. Nah, mungkin beberapa dari kalian belum tahu sisi lain dari ketiga bakal calon gubernur ini ya. Penasaran? NET.Z punya rangkumannya nih khusus buat kamu.

BASUKI TJAHAJA PURNAMA

(NET)

Sayang Banget Sama Ibu

Gayanya yang ceplas-ceplos dan kerap mendobrak birokrat, membuat dirinya dikagumi oleh banyak warga orang. Tapi nggak sedikit pula yang mencibir. Namun, di balik sifatnya yang terlihat arogan dan keras, ternyata Ahok adalah seorang anak yang taat kepada orang tuanya. Contohnya, waktu kecil Ahok mengaku pernah nyobain merokok, tapi karena ibunya marah besar, Ahok akhirnya jera dan nggak berani lagi merokok hingga sekarang. Bicara soal ibunya, semasa kecil Ahok takut banget kalau ibunya meninggal. Saking takutnya, setiap kali ibunya sakit, Ahok bela-belain untuk bolos sekolah dan menemani ibunya di rumah.

Suka Makan Pisang, Ikan Patin dan Gurame

Gubernur satu ini suka banget dengan buah-buahan, terutama buah pisang dan pepaya. Nggak cuma di rumah, tapi setiap makan di luar pun harus ada buah itu. Pisang raja dan pisang Lampung sebagai menjadi makanan penutupnya. Kalau makan siang di kantor harus ada ikan patin atau gurame.

(Dok. Istimewa)

Hobi Nonton Film dan Motocross

Pria kelahiran Belitung ini punya hobi nonton film. Salah satu kegiatan yang ia habiskan bersama keluarganya juga dengan nonton film. Nggak ketinggalan film India juga lho! 3 Idiots menjadi salah satu film favoritnya. Selain memiliki hobi nonton film, siapa sangka kalau Ahok mempunyai hobi motocross semasa kecilnya. Kegemaran nonton film karena pengaruh film ‘Ali Topan Anak Jalanan’ juga ‘Arjuna Mencari Cinta’.

Nggak Tahu Nama Lengkapnya Sendiri dan Takut Sama Cicak

Tahu nggak kamu kalau awalnya Ahok sama sekali nggak tahu nama lengkapnya lho!  Yup! Diakuinya kalau nama Ahok merupakan pemberian dari mendiang ayahnya, Indra Tjahja Purnama, yang berasal dari kata ‘Banhok’. Kata ‘Ban’ sendiri berarti puluhan ribu, sementara ‘Hok’ artinya belajar jika digabung berarti belajar banyak dari semua bidang. Nama itu kemudian berubah menjadi Ahok.

Ngomongin soal nama lengkap, Ahok sendiri juga baru sadar Basuki Tjahaja Purnama adalah nama lengkapnya pada saat membuat paspor. Hampir di semua ijazah hanya tertera nama Basuki saja. Pada saat pembuatan paspor, barulah Ahok mengetahui kalau nama lengkapnya adalah Basuki Tjahaja Purnama setelah petugas pembuatan paspor menolak nama Ahok yang nggak sesuai akta kelahiran.

Kurang unik apalagi ya sosok yang satu ini? Nggak cuma ini aja, kekonyolan lainnya yang belum semua orang tahu adalah ketakuan Ahok pada masa kecil terhadap seekor cicak. Ternyata dibalik sikapnya yang galak, Gubernur DKI ini juga takut sama hewan kecil satu ini ya.

AGUS HARIMURTI YUDHOYONO

(NET)

Suka Martabak Keju, Empal Goreng dan Lari

Punya wajah yang tampan, bentuk badan badan oke dan karir gemilang di TNI Angkatan Darat, itu yang tergambar dari putra pertama SBY ini. Di balik sosoknya yang terlihat kaku, Agus punya cemilan favorit martabak keju lho! Selain suka dengan martabak keju, menu makan favoritnya adalah empal goreng dengan sambal. Agus juga memiliki hobi bermain basket dan berlari. Kegiatan larinya pun sempat diabadikan dalam beberapa foto, dan salah satunya menarik perhatian banyak netizen ketika ia memposting sebuah foto lari bersama istri dan anak lengkap dengan caption yang sedikit puitis.

(Instagram @agusyudhoyono)

Ia membangun sebuah komunitas penyuka lari baik dari kalangan militer maupun luar. Komunitas ini bernama Garuda Finisher yang bertujuan untuk memotivasi kamu agar hidup lebih sehat

Pintar, Nilainya Saat SMA Belum Ada yang Mengungguli

Setelah lulus pendidikan sekolah staf Angkatan Darat di Kansas, Amerika Serikat 2015 lalu, Agus diangkat sebagai Komandan Batalyon di Yonif Mekanis 203 yang bertugas menjaga keamanan Ibu Kota. Selain dari belajar di sekolah, Agus juga suka membaca. Jadi nggak heran kalau memang nilai-nilainya fantastis. Bahkan Agus mempunyai nilai tertinggi sejak SMA di Taruna Nusantara, Magelang. Bahkan, nilainya sampai sekarang belum ada yang menyaingi.

Sosok Kepala Keluarga yang Bertanggung Jawab

Agus Yudhoyono yang telah menikahi Annisa Pohan sejak tahun 2005 lalu. Lewat masa pacaran yang terhitung singkat selama setahun, kemudian Agus memutuskan untuk melamar Annisa. Sosok Agus di mata istri, merupakan kepala keluarga yang sangat bertanggung jawab. Disela kesibukannya, Agus selalu menyempatkan ketika ada waktu untuk berkumpul bersama keluarganya. Bahkan ketika harus lembur, Agus menyempatkan untuk pulang sebentar untuk melihat putri kecilnya, Almira. Ia juga menyempatkan untuk mendampingi anaknya belajar.

ANIES BASWEDAN

(NET)

Semasa Kecil Sempat Mau Bakar Sekolah

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini dikenal dengan integritasnya yang tinggi. Di balik prestasinya itu  Anies Baswedan sempat menjadi ‘anak nakal’ karena ingin membakar sekolahnya. Penyebabnya nih gara-gara Anies pernah ikut pertukaran pelajar selama setahun di Amerika. Di sana Anies terbiasa untuk berdiskusi dengan gurunya tapi ketika pulang ke Indonesia kebiasaan itu terbawa. Bukan mendapat pujian, Anies justru dianggap melawan. Kekesalan itulah yang membuat dirinya nyeletuk ingin membakar sekolah.

Pemain Gulat

Selain hobi sama yang namanya olahraga basket, Anies juga suka dengan olahraga gulat lho guys. Tapi, setelah melihat fisik teman-teman sebayanya yang tinggi akhirnya Anies mengurungkan niatnya untuk masuk ke klub basket. Nggak berhenti disitu saja, Anies mencari klub olahraga lain yang dinilai sepadan dengan dirinya dan akhirnya ia nemuin cabang olaharga gulat.

Nggak Segan Nganterin Anak Pakai Motor

Disela-sela kesibukannya, Anies selalu menyempatkan berkumpul menghabiskan waktu bersama keluarganya. Bahkan, ketika masa jabatannya sebagai menteri  telah dicopot ia lebih banyak menghabiskan waktu bersama anak-anak dan istrinya, termasuk mengantarkan anaknya sendiri ke sekolah dengan menggunakan motor.

(Dok. Istimewa)

Pernah Jadi Wartawan

Kakeknya memang seorang wartawan itu sebabnya mengapa Anies suka banget sama dunia jurnalistik, bahkan ia juga punya program lho yang disiarkan di TVRI pada waktu itu. Baginya, dunia jurnalistik itu adalah tempat dimana manusia bisa menggandakan ide-idenya. Salah satu pengalaman berharga ketika ia terjun dalam bidang jurnalistik adalah ketika mencoba untuk mewawancarai Presiden RI ke-2 Soeharto walaupun pada akhirnya gagal karena ketahuan belum membuat janji dengan pihak Istana. Haha... ada-saja nih Pak Anies!

Gimana guys, sudah puas dengan beberapa cerita di atas? Jadi pribadi yang nakal nggak masalah, asalkan kamu tahu porsinya dan tetap berkarya dengan baik dan berprestasi ya, kayak ketiga calon Gubernur Jakarta di atas!

AVILA RIA | MUSTHAFA
 

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments