hero

EDITOR : FIRZA ARIFIEN

29 September 2016, 15:00 WIB

AMERIKA SERIKAT

Masih diet? Banyak orang pilih-pilih makanan apa yang akan dikonsumsi. Terutama mereka yang lagi jalanin diet ketat. Sebetulnya, yang penting untuk diingat ketika diet adalah menjaga pola makan yang seimbang dan sehat. 

Dengar nih apa yang dibilang Rebecca Scrithfield, penulis buku 'Body Kindness'. Menurut Rebecca, kombinasi yang sempurna bagi mereka yang sedang diet adalah rasa, kepuasan menyantap makanan dan kualitas nutrisi. Nah, lima makanan ini mungkin dihindari bagi mereka yang sedang diet, namun Rebecca justru menyarankannya. 

1. Pasta

Pasta sangat baik untuk memperbaiki jaringan otot dan otak yang rusak. Pasta akan menjadi fondasi yang sempurna bagi tubuh, terutama jika dikonsumsi bersama sayuran kaya serat dan protein, seperti ayam, udang atau daging sapi. Pasta adalah sumber serat dan nutrisi terbaik yang bisa menggantikan nasi.

2. Sereal dan Susu

Sereal dan susu terkadang menjadi makanan yang termasuk dalam the-no-list buat mereka yang lagi diet. Tapi sejauh sereal itu nggak berisi marshmallow, itu masih masuk dalam kategori smart snack. Sereal dan susu baik dikonsumsi jelang waktu tidur. Kandungan tryptophan pada susu akan memberi ketenangan dan menginduksi tidur seseorang. Sedangkan karbohidrat pada sereal akan membantu tryptophan menyerap lebih cepat ke dalam jaringan otak. Kombinasi sereal dan susu juga menghasilkan nutrisi penting bagi tubuh, seperti serat, kalsium, vitamin D dan potasium. 

3. Kopi

Secangkir kopi akan membuat mood kamu jadi lebih baik karena kopi membantu melepas hormon dopamin. Selain itu, kandungan antioksidan dan kafein bisa membantu latihan kebugaran lebih maksimal. Untuk menghindari asupan gula berlebih, kamu bisa tambahkan susu kaya kalsium atau rempah seperti kayu manis ke dalam secangkir kopi. 

4. Cokelat

Selama ini dark chocolate selalu direkomendasikan bagi mereka yang diet karena dianggap lebih sehat. Namun sebetulnya, nggak melulu harus itu. Semua cokelat baik karena bisa menjadi antioksidan bagi tubuh. Seperti halnya kopi, cokelat adalah makanan penghilang stres karena bisa membantu melepas hormon serotonin, dopamin dan endorfin. Tapi bagi mereka yang diet, cokelat hanya dianjurkan dikonsumsi dalam batas wajar.

5. Daging Sapi

Banyak orang skeptis dengan daging sapi. Apalagi mereka yang sedang diet. Daging sapi disebut-sebut bisa membuat berat badan naik dengan cepat. Tapi nanti dulu, kamu tetap bisa mengkonsumsi daging sapi meski sedang diet. Pilihlah bagian daging yang mengandung lemak lebih sedikit. Daging sapi kaya akan kandugan zat besi dan seng. Dua mineral ini adalah yang terpenting bagi tubuh. Zat besi akan membantu oksigen menyerap ke dalam organ tubuh. Sementara seng akan membantu menjaga daya tahan tubuh. Jadi nggak usah ragu lagi buat menaruh sepotong steak di atas piring kamu.

MEN'S FITNESS | HEALTH

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments