hero

EDITOR : AULIA RAHMAT

29 September 2016, 17:31 WIB

CINA

China akan segera membangun terowongan kereta bawah tanah terbesar dan terdalam di dunia. Pembangunan terowongan ini akan melintasi salah satu keajaiban dunia, Tembok Besar China.

Kota Badaling dipilih menjadi lokasi pembangunan. Alasannya, berada paling dekat dengan Tembok Besar dan memiliki tingkat kunjungan wisatawan tertinggi di China.

"Stasiun Badaling kita desain berada 102 meter dibawah permukaan laut. Luas bangunan kurang lebih 36 ribu meter persegi. Setara dengan luas lima buah lapangan sepak bola," ujar Chen Bin, Direktur Operasional China Railway.

Kota Badaling berada 80 kilo meter di sebelah barat laut ibu kota China Beijing. Selama liburan tahun baru kota ini disambangi sedikitnya 30 ribu wisatawan per hari.

Stasiun Badaling akan dibangun dibawah pegunungan di kawasan Tembok Besar. Teknologi peledakan canggih juga akan digunakan dalam proses pembangunan agar bangunan cagar budaya berusia 700 tahun dia atasnya tidak rusak.

Pembangunan stasiun ini adalah bagian dari proyek ambisius jalur kereta api terpanjang di dunia. Jalur kereta sepanjang 16 ribu kilo meter yang menghubungkan Beijing dengan Guangzhou. Nantinya akan melintas empat jalur rel kereta dari timur ke barat dan empat jalur dari utara ke selatan .

Mega proyek ini disiapkan Pemerintah China sebagai sarana transportasi Olimpiade Musim Dingin tahun 2022 yang akan digelar di kota Zhangjiakou. Untuk mewujudkan mimpi besarnya, Pemerintah China telah menggelontorkan uang sebesar 400 miliar Dolar Amerika Serikat.

THE GUARDIAN

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments