hero

EDITOR : REZA ADITYA

29 September 2016, 14:00 WIB

INDONESIA

Wakil Presiden Jusuf Kalla mendatangi rumah tahanan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di kompleks Polisi Militer Komando Daerah Militer Jaya (Pomdam Jaya), Guntur, Jakarta Selatan. Kunjungannya itu untuk membesuk bekas Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Irman Gusman yang ditahan di sana.

"Iya benar, sudah ada izin dari penyidik KPK, boleh dikunjungi hari ini," kata juru bicara Komisi Pemberantasan Korupsi, Yuyuk Andriati Iskak, melalui keterangan tertulisnya, Kamis, 29 September 2016.

Yuyuk mengatakan Kalla tak langsung ke rumah tahanan para koruptor itu secara tiba-tiba. Menurut dia, sudah ada surat yang diajukannya jauh-jauh hari sebelumnya. Adapun jadwal besuk di rumah tahanan Guntur itu pada Senin dan Kamis.

Iring-iringan mobil Wakil Presiden Jusuf Kalla mengunjungi rumah tahanan Guntur (NET/Bayu Wicaksono)

 

Wakil Presiden Jusuf Kalla melalui juru bicaranya, Husain Abdullah, mengatakan kunjungannya membesuk Irman tak lebih karena keduanya sahabat sejak lama. Menurut Husain, Kalla dan Irman sudah bersahabat sejak lama. "Wajar besuk kawan yang sudah lama kenal, sahabat tak hanya hadir dalam senang saja, tetapi dalam susah juga."

Kunjungan Kalla ke Guntur dilakukan dengan sangat tertutup. Dia tiba di rumah tahanan itu sekitar pukul 09.00 WIB. Husain kurang tau secara detil apa yang dibincangkan Kalla dan Irman. "Pertemuannya tidak lama, hanya sekitar 25 menit," kata dia.

KPK melakukan operasi tangkap tangan terhadap Irman pada Sabtu dua pekan lalu di rumah dinasnya, di Jalan Denpasar, Jakarta Selatan. Saat itu, Irman diduga menerima duit dari Direktur Utama CV Semesta Berjaya, Xaveriandy Sutanto; dan istri Xaveriandy, Memi‎.

Duit itu yang kemudian menjadi dugaan suap rekomendasi penambahan kuota impor gula wilayah Sumatera Barat pada 2016 yang diberikan Bulog kepada CV Semesta Berjaya. Atas perbuatannya kini Irman mendekam di dalam rumah tahanan Guntur.

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments