Mie Jagung. (NET/Suswanto Saputro)

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

27 September 2016, 11:30 WIB

KAB. GROBOGAN, INDONESIA

Sekilas mie ini terlihat seperti mie pada umumnya. Namun setelah dicermati, mie buatan Kelompok Tani Murih Santoso Wirosari, Grobokan ini memiliki ukuran yang lebih besar jika dibandingkan dengan mie lainnya. Mie ini dinamakan Mie Jagung. Sesuai dengan namanya, mie ini berbahan baku jagung.

Mie Jagung. (NET/Suswanto Saputro)

Untuk memenuhi kandungan gizi, jagung dicampur dengan ketela. Kedua bahan baku tersebut dihaluskan terlebih dahulu hingga menjadi tepung. Takarannya, tepung jagung dengan tepung ketela atau mocaf dengan perbandingan 50:50. Keduanya tepung tersebut kemudian dicampur dengan air hingga menjadi adonan. Setelah itu adonan tersebut dimasukan ke dalam mesin gilingan lalu dicetak menjadi mie.

Jagung, Bahan Untuk Membuat Mie Jagung. (NET/Suswanto Saputro)

Adonan yang telah tercetak menjadi mie kemudian dikukus selama 30 menit. Selanjutnya dikeringkan dengan cara dijemur. Mie ini mampu bertahan selama enam bulan meskipun nggak menggunakan bahan pengawet. Selain rasa original, kelompok tani ini juga membuat produk mie jagung dengan rasa sawi dan rasa wortel.

Mie Jagung. (NET/Suswanto Saputro)

Mie ini sangat cocok dikonsumsi bagi penderita diabetes karena kandungan karbohidrat yang lebih rendah jika dibandingkan dengan nasi merah. Salah satu perbedaan mie ini dengan mie biasanya yakni teksturnya yang lebih kenyal karena kandungan serat yang tinggi. Harga untuk satu bungkus mie yang berisi empat buah mie hanya lima ribu rupiah. Cukup murah untuk makanan lezat dan menyehatkan.


SUSWANTO SAPUTRO
 

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments