hero
Ilustrasi penggunaan narkoba (Pixabay)

EDITOR : REZA ADITYA

26 September 2016, 21:00 WIB

INDONESIA

Operasi tim gabungan Bea Cukai dan Badan Reserse Kriminal Polri mengungkap upaya penyelundupan narkoba jenis sabu menggunakan jasa pengirimian barang internasional di Bandara Soekarno-Hatta. Sebanyak 11,5 kilogram sabu yang diletakkan di pipa besi kecil produk penjernih air.

"Modusnya mereka masukan narkoba itu ke barang-barang yang kecenderungan sulit dideteksi x-ray," kata Kepala Kantor Bea dan Cukai Bandara Soekarno-Hatta, Erwin Situmorang, Senin, 26 September 2016.

Direktur Tindak Pidana Narkoba Polri, Brigadir Jenderal Dharma Pongrekun, mengatakan barang haram tersebut dikirim dari Cina atas pesanan pelaku Li Zhimming dan Chen Rijian. Kedua pelaku ini menjadi incaran polisi sejak lama.

Barang bukti narkoba jenis sabu yang diamankan petugas dalam operasi gabungan (NET)

 

Informasi awal adanya barang mencurigakan diterima Direktorat Narkoba Bareskrim Polri dari Bea Cukai sejak Kamis dua pekan lalu. Barang tersebut dikirim dengan menggunakan jasa pengiriman resmi secara internasional.

Mendapat informasi ini, polisi kemudian menyamar sebagai pegawai jasa pengiriman tersebut. Lalu, polisi menghubungi Li untuk mengambil barangnya. "Dan saat itu langsung petugas menangkap Li. Pemeriksaan dilakukan dengan mendatangi apartemen Li di kawasan Jakarta Barat. 

Operasi gabungan Bea Cukai dan Bareskrim Polri menyita belasan kilogram narkoba jenis sabu  (NET)

 

Di sana, dia kemudian mengaku bahwa barang tersebut untuk diserahkan kepada seorang temannya, Chen. Polisi kemudian langsung bergerak mengamankan Chen yang kediamannya di apartemen yang sama hanya  beda tower.

Dalam operasi gabungan itu, polisi dan petugas Bea Cukai juga menangkap kasus penyelundupan sabu dalam bentuk kapsul. Kali ini pelaku penyelundupan sabu dalam kapsul itu adalah warga negara Kenya. Modus penyelundupannya dengan menelan seluruh kapsul itu.

DIMAS ARIF SETIAWAN

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments