hero

EDITOR : FIRZA ARIFIEN

26 September 2016, 07:20 WIB

AMERIKA SERIKAT

Di era digital, yang namanya penyebaran informasi itu serba cepat. Setuju nggak? Kadang kamu suka kesal nggak sih kalau lagi mau kirim pesan, tiba-tiba sinyal nggak ada? Atau yang memang nggak mungkin dilakukan, yaitu mengirim pesan ketika kamu berada di pesawat. Padahal kamu harus mengirim pesan itu karena penting banget.

Nah, sekarang ada nih aplikasi yang bisa membantu kamu mengirimkan pesan teks ketika smartphone yang dipakai nggak ada sinyal. Begitu pula ketika kamu berada di pesawat terbang. Aplikasi ini bisa membantu kamu mengirimkan pesan tersebut.

(FIRECHAT)

 

FireChat, aplikasi ini pas banget buat kamu yang hobi travelling. FireChat memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan menerima pesan, meskipun tidak ada jaringan internet. 

Aplikasi ini menerapkan sistem mesh networking atau jaringan bertautan. Sistem akan membantu berkomunikasi secara nirkabel, dengan memantulkan pesan dari satu ponsel ke ponsel lain yang sama-sama menggunakan aplikasi FireChat. Sistem bekerja dengan mengandalkan jaringan Wi-Fi atau Bluetooth di sekitar pengguna aplikasi hingga jangkauan 210 kaki.

(FIRECHAT)

 

Jika di sekitar user sama sekali tidak ada jaringan Wi-Fi atau Bluetooth, pesan akan disimpan terlebih dahulu. Pesan akan diteruskan kembali kepada pihak yang dituju begitu jaringan tersedia.  

Pengiriman pesan memang akan memakan waktu sedikit lebih lama dibandingkan aplikasi lain yang mengandalkan jaringan internet. Lama waktu pengiriman pesan bahkan bisa berlangsung antara 10 hingga 20 menit. 

(FIRECHAT)

 

Proses pengiriman pesan melalui FireChat nantinya bisa lebih cepat jika pengguna aplikasi ini terus bertambah di dunia. Saat ini, FireChat sudah diunduh oleh sekitar 5 juta orang di dunia. Dan jika sebuah kota memiliki 5 persen pengguna FireChat dari total populasi, proses pengiriman pesan akan lebih cepat. Yaitu kurang dari 10 menit.

Kalau biasanya kamu mengandalkan Facebook Messenger atau WhatsApp untuk berkirim pesan, FireChat bisa menjadi pilihan lain. Terutama untuk membantu mengirimkan pesan teks ketika sinyal jaringan seluler tidak ada. Aplikasi ini tersedia untuk pengguna smartphone Android maupun iOS.

TECH INSIDER

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments