hero
Langkah lanjutan untuk mendaftar sebagai bakal calon gubernur DKI, tiga calon pasangan melakukan tes kesehatan di RSAL Mintoharjo (NET/Mage)

EDITOR : OCTOBRYAN

24 September 2016, 13:05 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Tiga pasang calon kepala daerah DKI Jakarta hari ini mengikuti pemeriksaan kesehatan di Rumah Sakit Angkatan Laut (RSAL) Mintohardjo, Jakarta Pusat. Mereka akan menjalani serangkaian tes kesehatan oleh 80 tim dokter yang disiapkan.

Kepala RSAL Mintohardjo Kolonel Laut (K) dr. Wiweka MARS mengatakan pemeriksaan kali ini diawali dengan penjelasan protokol pemeriksaan kemudian dilanjutkan dengan pemeriksaan medis seperti penyakit dalam dan psikiatri, jantung dan paru-paru, urologi dan orthopedic, bedah dan obsgyn, neurologi dan mata, THT dan gigi, serta radiologi.

"Tahap pemeriksaan kesehatan dimulai dengan penjelasan protokol pemeriksaan sesuai standar kedokteran dari Ikatan Dokter Indonesia," ujarnya, Sabtu, 24 September 2016.

Pasangan calon Agus Harimurti dan Silviana Murni lakukan pemeriksaan kesehatan di RSAL Mintohardjo (NET/Mage)

Sementara itu, Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Jakarta sekaligus penanggung jawab kesehatan dr Budiarto mengatakan tes kesehatan akan dilakukan secara simultan. Calon kepala daerah yang hadir akan dilakukan pemeriksaan secara bersamaan.

Pasangan calon Basuki Tjahaya Purnama dan Djarot Syaiful lakukan pemeriksaan kesehatan di RSAL Mintohardjo (NET/Mage)

Lebih lanjut Budiarto mengatakan, usai pemeriksaan kesehatan para pasangan calon juga akan menjalani pemeriksaan psikologi dan narkotika di Badan Narkotika Nasional (BNN) esok hari.

"Nanti seluruh hasil pemeriksaan dan riwayat kesehatan para calon akan diserahkan ke KPU (Komisi Pemilihan Umum). Keputusan ada disana," tambahnya.

Pasangan calon gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dan calon wakil gubernur DKI Djarot Syaiful Hidayat tiba di rumah sakit pertama kali. Ada yang berbeda dengan Ahok, sapaan Basuki, hari ini. Jika biasanya selalu bersedia menjawab pertanyaan dari awak media. Sejak tiba di rumah sakit, kedua paslon petahana ini sepakat tak melontarkan sepatah kata apapun pada awak media kemudian langsung masuk menjalani pemeriksaan.

Tak lama berselang calon wakil gubernur DKI dari poros Cikeas, Sylviana Murni tiba. Sementara pasangan calonnya, Agus Harimurti Yudhoyono menyusul satu jam kemudian sekitar pukul 08.00.

Sementara, Pasangan calon Anies Baswedan dan Sandiaga Uno akan mengikuti rangkaian tes kesehatan pada siang hari.

ARIS SATYA | FERGYANTO MAGE

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments