hero

EDITOR : PUTU DYAH

23 September 2016, 11:05 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Mau terlihat cantik seperti Dian Sastro, Sigi Wimala atau Melanie Putria?

Ini rahasia cantik ala mereka.

Yap, lari. Sejak beberapa tahun lalu, olahraga ini jadi tren di tengah masyarakat urban. Sampai sekarang masih banyak orang yang rutin lari untuk menjaga kebugaran tubuh. Selain itu, ada juga yang mau penampilannya lebih segar dan cantik.

Seperti Steffy Burase. Wanita yang berprofesi sebagai pramugari ini rutin lari saat tidak ada jadwal terbang. Menurutnya, olahraga lari bisa dilakukan secara fleksibel. Hasilnya tubuh dan pikiran menjadi lebih segar. Hal ini tentunya ikut berpengaruh pada penampilan.

Steffy memilih lari untuk olahraga rutinnya. (Foto: NET)

“Teman-teman aku banyak yang suntik vitamin C biar cantik. Tapi mereka rusak dengan begadang, rokok, party dan nggak olahraga. Jadi mendingan aku lari kan,” kata Steffy.

Sama seperti Steffy, Giovany Saully juga rutin lari setiap pagi dan sore. Perempuan 25 tahun ini merasa badannya lebih sehat dan penampilan lebih fresh.

“Iya sekarang teman-teman kantor bilang jadi keliatan ceria berseri-seri. Beda sama dulu pas jarang olahraga, ke kantor lemas terus nggak mood,” cerita Saully.

Lari keliling kompleks rumah jadi rutinitas Saully. (Foto: NET)

Ternyata manfaat lari buat tubuh bukan tanpa alasan. Berlari di alam sambil menghirup napas dalam-dalam meningkatkan kinerja jantung dan paru-paru. Aktivitas kardio ini merangsang metabolisme dan regenerasi sel, termasuk sel kulit. Jantung yang bekerja dengan baik juga mendorong distribusi oksigen ke seluruh bagian tubuh. Hasilnya penampilan terlihat segar dan bugar.

Selain penampilan, lari ikut berpengaruh ke suasana hati lho. Aktivitas ini memicu pelepasan hormon anti depresi seperti serotonin dan oksitosin. Keduanya bisa mendatangkan rasa senang dan bikin bad mood menjauh dari kita.

Foto: Pixabay 

Supaya lari bisa makin asyik dan bermanfaat, ada beberapa tipsnya nih. Pertama, tentukan intensitas lari sesuai kebutuhan dan kemampuan. Kamu bisa mencoba 3-6 kali per minggu, tergantung kebutuhan dan kemampuan. Jangan lupa pemanasan di awal dan pendinginan setelah lari agar tubuh tidak kaget. Hal ini penting, terutama untuk perempuan, biar nggak terjadi perubahan hormonal secara mendadak.

Untuk kenyamanan selama lari, pilih pakaian yang menyerap keringat dan running shoes yang tepat. Rambut kamu bisa dikuncir dengan gaya ponytail atau tambahan headband biar tetap rapi. Siapkan juga air minum yang cukup agar tubuh tidak dehidrasi. Kalau sudah siap semua, kamu bisa lari dan siap-siap temukan penampilan baru yang lebih fresh!

TIM LIPUTAN NET

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments