hero
Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo. (NET)

EDITOR : TITO SIANIPAR

23 September 2016, 19:35 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Agus Harimurti Yudhoyono resmi mengundurkan diri sebagai anggota Tentara Nasional Indonesia dengan pangkat terakhir mayor. Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo mengaku berat melepas Agus.

"Saya berat, tapi karena itu pilihan pribadi maka saya harus melepaskan," kata Gatot dalam konferensi pers di Mabes TNI, Cilangkap, Jumat, 23 September 2016. "Kami sudah menyiapkan kader kemudian dilepas memilih karir politik, berat."

Agus dipasangkan dengan Sylviana Murni sebagai calon gubernur DKI Jakarta untuk pemilihan Februari 2017 nanti. Mereka diusung oleh Partai Demokrat, PPP, PKB, dan PAN. Agus terakhir menjabat sebagai Komandan Batalyon Infanteri Mekanis 203 Arya Kemuning.

Agus ditemani istri Annisa Pohan usai deklarasi. (NET)

Agus, kata Gatot, sudah menjalani prosedur pengunduran diri. Yakni mengajukan surat mulai dari komandan brigade, panglima komando daerah militer, lalu ke kepala staf TNI Angkatan Darat. "Mendaftar sebagai calon gubernur Jakarta, maka otomatis gugur," katanya.

Apa yang dilakukan Agus, lanjut Gatot, bukanlah sesuatu yang tidak wajar. Pasalnya di negara lain, cukup banyak perwira yang mengundurkan diri untuk berkarir di politik. "Di Singapura jarang sampai pensiun. Fenomena kemajuan negara seperti itu," ujarnya.

Surat pengunduran diri Agus. (istimewa)

Gatot merasa berat melepas Agus dari TNI karena selalu berprestasi sejak SMA Taruna Nusantara. "Nilainya belum ada yang menyaingi. Lulus dari Akademi Militer juga memperoleh Adhi Makayasa," kata Gatot.

NADIA SAGARA ASMARA

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments