hero
Tiga dinasti di politik Jakarta.

EDITOR : TITO SIANIPAR

23 September 2016, 17:30 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Pertarungan pemilihan gubernur DKI Jakarta dipastikan akan berlangsung menarik dengan adanya tiga pasangan calon. Meski pemilihan lokal Jakarta, tapi layak dilihat sebagai pertarungan politik tingkat nasional.

"Ini anak-anaknya bertarung. Pertarungan atas bawah, meski lokal tapi skalanya nasional," kata pengamat politik Muhammad Qodari, Jakarta, Jumat, 23 September 2016. "Jadi ini akan sangat ramai dan seru," imbuh dia.

Tiga pasangan calon tersebut adalah Basuki Tjahaja Purnama dan Djarot Saiful Hidayat, Agus Harimurti Yudhoyono dan Sylviana Murni, serta pasangan Anies Baswedan dan Sandiaga Uno.

Anak-anak yang dimaksud Qodari adalah para calon gubernur yang dilhat sebagai anak dari para pemimpin partai utama. Ahok adalah anak ideologis Megawati Soekarnoputri, Ketua Umum PDI Perjuangan. "Mereka dekat secara emosi," ujar Direktur Eksekutif Indobarometer ini.

Sementara Agus adalah anak biologis Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono. Anies dan Sandiaga, kata Qodari, layak dilihat sebagai anak Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Sandiaga dan Anies jelang pendaftaran. (NET/Yusuf)

"Ini adalah pertarungan para anak-anak," kata dia. Para tokoh politik nasional yang dilihat sebagai orang tua mereka, lanjut Qodari, masih berkompetisi satu sama lain. "Bisa dikatakan pertarungan dinasti politik," ujarnya.

Ketiga dinasti itu adalah dinasti Teuku Umar, dinasti Cikeas, dan dinasti Hambalang. "Ini memang pertarungan blok politik yang ada di Indonesia," kata Qodari. Dua dinasti yang mungkin bergabung jika ada putaran kedua adalah Cikeas dengan Hambalang.

Pasangan Ahok dan Djarot diusung oleh PDI Perjuangan, Partai Nasdem, Partai Hanura, dan Partai Golkar. Agus dan Sylviana diusung oleh Partai Demokrat, PPP, PKB, dan PAN. Sementara Anies dan Sandiaga diusung Partai Gerindra dan PKS.

NADIA SAGARA ASMARA

2

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments