hero

EDITOR : REZA ADITYA

23 September 2016, 11:40 WIB

INDONESIA

Direktur Eksekutif Saiful Mujani Research and Consulting Djayadi Hanan memprediksi kecil kemungkinan pasangan Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni menang dalam pemilihan gubernur DKI Jakarta 2017. Alasannya, dua nama itu muncul secara dadakan tanpa melalui proses uji tingkat keterpilihan.

"Saya tidak bisa melihat adanya peluang bagi pasangan Agus dan Silvy karena ini pasangan blank," kata Djayadi, kepada NET, Jumat 23 September 2016. "Karena selama ini Silvy kan tidak pernah tinggi elektabilitasnya, Agus Harimurti tidak pernah muncul dan nama yang masih menimbulkan pertanyaan."

Agus-Silvy diusung empat partai. Mereka adalah Partai Demokrat, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Amanat Nasional (PAN). Dini hari tadi di Cikeas keempat partai itu menetapkan Agus-Silvy sebagai pesaing pasangan petahana Ahok-Djarot.

Pimpinan partai Geng Cikeas, PAN, PKB, PPP, Demokrat (NET)

 

Masih ada dua koalisi partai lagi, yaitu Gerindra dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang belum menentukan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta 2017. Padahal, Gerindra dan PKS merupakan pionir Koalisi Kekeluargaan dengan empat partai di Cikeas.

Ternyata Koalisi Kekeluargaan pecah. Geng cikeas (Demokrat, PAN, PKB, PPP) memilih mengusung pasangan calonnya sendiri. Sedangkan geng Kertanegara (Gerindra dan PKS) masih bertahan dengan Sandiaga Uno sebagai calon gubernur dan kini tinggal mengumumkan pendampingnya.

Djayadi menilai Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto saling bersikeras dengan pilihannya masing-masing. Inilah yang menyebabkan terpecahnya Koalisi Kekeluargaan dan menjadi dua geng, Cikeas dan Kertanegara.

 "Prabowo dengan Gerindra yakin karena perolehan suara partainya nomor dua terbesar di DKI Jakarta," kata dia. "Sementara di kubu SBY tetap ingin nomor satu atau mengajukan nama dari mereka, itu tidak ketemu dan akhirnya jalan sendiri-sendiri."

NADIA SAGARA ASMARA

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments