hero
Foto: Pixabay

EDITOR : PUTU DYAH

22 September 2016, 11:00 WIB

INDONESIA

Kalau lagi bad mood, biasanya pikiran langsung lari ke makanan. Ada yang memilih junk food, es krim atau cokelat yang manis. Makanan tadi memang bisa bikin suasana hati lebih baik. Tapi hati-hati, ada ancaman berat badan bertambah. 

Sebagai alternatifnya, ada makanan dan minuman lain yang mendorong mood jadi bagus dan tetap sehat untuk tubuh kita. 

Oatmeal

Foto: Pixabay

Oat dikenal sebagai makanan yang kaya serat dan bagus untuk kesehatan jantung. Kandungannya yang rendah kolesterol membuat makanan ini aman kita makan sehari-hari. Oatmeal juga kaya omega 3, asam folat dan potassium. Buat sarapan, kita hanya butuh sekitar 15 menit untuk menyeduh oatmeal dengan air panas. Sebaiknya hindari oatmeal yang diberi rasa karena mengandung pemanis buatan. Kamu bisa menggantinya dengan susu, madu atau tambahan buah dan kacang.

Pisang

Foto: Pixabay

Pisang adalah salah satu buah terbaik yang menghilangkan rasa lapar. Kandungan karbohidratnya bisa membuat kita merasa kenyang lebih lama. Buah pisang dapat kamu konsumsi langsung atau jadi tambahan di menu sarapan lain seperti sereal. Di dalam buah berwarna kuning ini ada banyak mineral potassium dan elektrolit yang bisa menurunkan tekanan darah secara alami. Jadi kamu jauh dari stres.

Telur

Foto: Marie Claire

Mau makanan yang tinggi protein dan rendah lemak atau kolesterol? Telur jawabannya. Sejak lama telur dimanfaatkan untuk berbagai olahan. Makanan ini menjadi sumber protein hewani yang sehat dan kaya nutrien seperti vitamin D. Rata-rata konsumsi satu butir telur di pagi hari cukup untuk memberi energi sampai makan siang.  

Semangka

Foto: Pixabay

Manis, segar dan berair. Tiga sensasi ini bisa kita rasakan saat mengonsumsi semangka. Buah yang juicy ini bukan cuma bisa mendatangkan mood bagus. Tapi juga kaya kandungan lycopene, yaitu nutrisi yang penting untuk penglihatan, kesehatan jantung dan mencegah kanker. Tekstur buah yang berair bisa membuat kita kenyang. Berita baiknya lagi, satu potong semangka hanya mengandung 40 kalori jadi aman untuk kamu yang lagi diet.

Kopi

Foto: NET

Kafein dari kopi memang ampuh untuk membangunkan kita di pagi hari. Kebiasaan minum kopi yang tidak berlebihan juga bisa menjauhkan kita dari beberapa resiko penyakit. Seperti diabetes dan kanker prostat. Minuman berwarna hitam ini juga kaya antioksidan yang berperan untuk regenerasi sel-sel tubuh. Untuk mendapatkan manfaat yang semakin optimal, sebaiknya konsumsi kopi tanpa gula atau krimer.

Teh

Foto: Pixabay

Teh jadi alternatif untuk kamu yang nggak suka kopi. Kandungan kafein dalam minuman ini lebih rendah dari kopi. Di dalam teh juga terdapat kandungan antioksidan catechin yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Ada berbagai pilihan, seperti black, green, atau white tea. Teh yang berwarna hijau ketika diseduh dipercaya paling banyak mengandung antioksidan. Teh ini juga sering jadi pilihan minuman untuk mereka yang mau menurunkan berat badan.

Orange Juice

Foto: Pixabay

Butuh minuman segar di pagi hari? Kamu bisa memilih jus jeruk yang kaya vitamin C. Sebaiknya kamu tidak mengonsumsi orange juice dalam kemasan yang sudah ditambah pengawet dan pemanis buatan. Untuk penggantinya, siapkan buah jeruk peras yang bisa kamu olah sendiri. Kalau rasanya terlalu asam, bisa tambahkan sedikit gula atau madu sebagai pemanis. Rutin minum jus jeruk yang alami dipercaya dapat mencegah osteoporosis, depresi dan resiko kanker.

HEALTH 

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments