hero
Ilustrasi berebut DKI-1. (NET/Feli)

EDITOR : TITO SIANIPAR

22 September 2016, 15:47 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Pertemuan-pertemuan politik sedang berlangsung jelang batas akhir pendaftaran calon gubernur DKI Jakarta ke KPU Jakarta. Kemungkinan pemilihan gubernur Jakarta 2017 akan diikuti tiga pasangan calon.

Pertemuan pertama sedang berlangsung di Cikeas, kediaman Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono. Hadir di sana perwakilan empat partai yang kemungkinan akan koalisi mengajukan pasangan sendiri, Partai Demokrat, PAN, PPP, dan PKB.

Pertemuan kedua adalah antara Presiden PKS Sohibul Iman dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. Pertemuan ini lebih membahas siapa mendampingi Sandiaga Uno yang sudah dicalonkan Gerindra.

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan di Cikeas, Kamis, 22 September 2016. (NET/Hakim)

"Dari hasil itu akan kami dialogkan dengan teman-teman Partai Demokrat, PPP, PKB, dan PAN," kata Ketua DPP PKS Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Almuzzammil Yusuf, Jakarta, Kamis, 22 September 2016. "Kami berharap mengerucut menjadi satu pasangan calon," imbuh dia.

Skenario kedua, kata Almuzzammil, adalah masing-masing kubu mencalonkan pasangan sendiri. "Dengan pilihan nanti koalisi pada putaran kedua," tambah Almuzzammil.

Sejauh ini nama-nama yang beredar akan dimajukan, selain Sandiaga, adalah mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan, mantan Menteri Hukum dan HAM Yusril Ihza Mahendra, dan politisi PKS Mardani Ali.

BACA JUGA: 
Menakar Pasangan Sandiaga Uno
Sandiaga Uno Ungkap Hasil Pertemuan Koalisi Kekeluargaan
Anies Baswedan Siap Ramaikan Pilgub DKI Jakarta 
Swing Voters, Cara Calon Lain Imbangi Ahok-Djarot di Pilgub 2017

Menurut Almuzzammil, masih ada beberapa nama lain yang dipertimbangkan untuk melawan pasangan yang sudah mendaftar ke KPU Jakarta Basuki Tjahaja Purnama dan Djarot Saiful Hidayat. Mereka adalah Agus Harimurti Yudhoyono dan pengusaha Chairul Tanjung.

"Nama-nama itu yang akan kami dialogkan. Mengerucut ke mana, tergantung hasil pertemuan PKS dan Gerindra hari ini, dan juga hasil mereka di Cikeas," pungkas Almuzzammil.

MELISA LOLINDU

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments