hero
Anies dan Sandiaga.

EDITOR : TITO SIANIPAR

22 September 2016, 14:23 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Bakal calon gubernur DKI Jakarta dari Partai Gerindra Sandiaga Uno masih belum menentukan pasangannya untuk beradu dengan pasangan Basuki Tjahaja Purnama dan Sjarot Saiful Hidayat. Besok hari terakhir pendaftaran. 

Beberapa nama yang mencuat untuk jadi pasangan Sandi adalah mantan Menteri Hukum dan HAM Yusril Ihza Mahendra, politisi PKS Mardani Ali, dan juga mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan.

Jika berpasangan dengan Yusril atau Anies, kemungkinan besar Sandi akan diposisikan sebagai wakil gubernur. Namun bila Gerindra ngotot harus mencalonkan gubernur, maka berpasangan dengan Mardani Ali adalah yang paling masuk akal.

Kursi Gerindra di DPRD DKI Jakarta tidak mencukupi untuk mencalonkan pasangan sendiri. Koalisi dengan PKS akan membuat dua partai itu bisa mencalonkan pasangan yang memenuhi syarat pendaftaran ke KPU DKI Jakarta.

Yusril dan Sandiaga. (istimewa)

"Beliau sendiri legowo mau dicalonkan sebagai gubernur atau wakil gubernur. Tinggal mekanisme koalisi yang menentukan," kata Ketua DPP Partai Gerindra Habiburokhman, Jakarta, Kamis, 22 September 2016.

Yusril sendiri sudah menemui Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. Sementara Sandi juga sudah menemui Anies Baswedan menjajaki kemungkinan berpasangan. "Pak Mardani memang tetap terbuka, hanya beda peluangnya dengan Pak Yusril," ujar Habiburokhman.

BACA JUGA: 
Sandiaga Uno Ungkap Hasil Pertemuan Koalisi Kekeluargaan
Anies Baswedan Siap Ramaikan Pilgub DKI Jakarta 
Ahok: Mega Marah Main Isu SARA
Swing Voters, Cara Calon Lain Imbangi Ahok-Djarot di Pilgub 2017

Selain kubu Gerindra dan PKS ini, satu kubu lain yang mungkin mencalonkan pasangan sendiri adalah kubu Susilo Bambang Yudhoyono. Di kediamannya tadi malam berlangsung pertemuan antara empat partai membicarakan pilgub Jakarta.

Mereka adalah Partai Demokrat, PKB, PPP, dan PAN. "Ini pilgub kayak pilpres ya?" seloroh Yudhoyono ke awak media yang menunggu di kediamannya. Jika Yusril diusung Gerindra, ada kemungkinan kelompok Cikeas ini akan bergabung juga.

"Kami sepakat membangun koalisi dan tinggal finalisasi nama," kata Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan yang hadir di pertemuan itu. Kemungkinan kedua, kata Zulkifli, adalah bersama Gerindra dan PKS.

MELISA LOLINDU | MAYFREE SYARI

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments