EDITOR : PUTU DYAH

21 September 2016, 11:05 WIB

RUSIA

Banyaknya penggemar cokelat membuat produsen cokelat di beberapa negara terus berinovasi. Mereka membuat rasa-rasa yang unik bahkan aneh untuk menarik minat konsumen. Seperti cokelat garam dan cokelat durian berikut ini: 

Cokelat Cabai dan Durian di Malaysia

Kamu termasuk penggemar durian? Atau penyuka pedas? Kalau begitu cokelat durian dan cabai yang ada di Beryl’s Chocolate Kingdom, Malaysia bisa jadi favorit kamu. Toko cokelat terbesar dan tertua di Malaysia ini punya berbagai variasi rasa cokelat. Mulai dari rasa buah-buah, tiramisu sampai ginseng. Semua disajikan dengan pilihan white chocolate atau dark chocolate.

Foto: berylschocolate.com

Banyaknya pilihan sering membuat pengunjung toko ini bingung menentukan cokelat yang mau mereka beli. Tapi tenang saja, tersedia cokelat tester untuk semua varian rasa. Pengunjung yang tidak membeli dalam jumlah banyak juga bisa membeli paket cokelat butiran.

Selain memilih cokelat, kita juga bisa mengetahui cara pembuatan makanan ini. Informasi disampaikan langsung oleh pelayan di Beryl’s Chocolate Kingdom. Di beberapa sudut toko terdapat mesin-mesin yang dipakai untuk produksi cokelat juga papan informasi sejarah cokelat. Apalagi Malaysia adalah negara penghasil cokelat terbaik di Asia dan nomor lima di dunia.

Toko Beryl’s Chocolate Kingdom. (Foto: NET CJ)

Beryl’s Chocolate Kingdom buka mulai pukul 8.30 pagi sampai 5.30 sore. Kerajaan cokelat ini berada di Jalan Utara, Kuala Lumpur, Malaysia. Untuk harga cokelatnya bervariasi, tergantung rasa dan ukuran. Yaitu dari 20 RM-72 RM atau sekitar Rp 70 ribu-Rp 252 ribu.

Cokelat Rasa Laut dari Rusia

Cokelat biasanya punya rasa yang manis, legit dan sedikit pahit. Tapi bagaimana ya kalau cokelat dibuat dengan rasa asin?

Cokelat rasa garam yang dibuat dalam bentuk batangan dan butiran. (Foto: NET CJ)

Cokelat dengan berbagai rasa dari laut ini bisa kita temukan di Vladivostok, Rusia. Kota ini dikenal sebagai kota pelabuhan yang tentunya nggak bisa dipisahkan dengan laut. Selain cokelat rasa garam ada juga cokelat rasa rumput laut yang belum tentu bisa kita temukan di tempat lain.

Toko Primorky Konditer yang ramai pengunjung. (Foto: NET CJ)

Harga cokelat di Vladivostok berkisar 22 rubel atau sekitar Rp 5.000 untuk ukuran kecil. Sedangkan cokelat berukuran besar harganya 1000 rubel atau Rp 20 ribu. Cokelat ini dijual dalam berbagai bentuk. Ada cokelat satuan yang berbentuk batang. Ada pula cokelat kiloan yang harus ditimbang dengan harga ratusan rubel per kilo.

Ada beberapa pilihan toko cokelat di Vladivostok, salah satunya Primorky Konditer yang berarti penjual manisan. Toko cokelat ini buka setiap hari, mulai pukul 10.00 pagi sampai pukul 21.00 malam.

NET Citizen Journalist: REBANA ADAWIYAH | ARNIE SIMANJUNTAK 

5

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments